Bupati Muaro Jambi Hj Masna Busro Menyerahkan Alat Pertanian Secara Simbolis

Muaro Jambi,(cMczone.com) – Bupati Muaro Jambi HJ, Masna Busro menyerahkan bantuan Mesin Pertanian  kepada 5 kelompok tani, Selasa (26/10/2021).

Bantuan diserahkan secara simbolis di Desa Sungia Bungur  Kecamatan Kumpeh Kabupaten Muaro Jambi

Bupati menyampaikan, bahwa dalam perkembangan penggunaan Alsintan ternyata terus menunjukan laju peningkatan yang cukup pesat, baik dalam jumlah, jenis, maupun teknologi Alsintan yang digunakan. Jumlah jenis Alsintan yang ada di Kabupaten Muaro Jambi tersedia dalam jumlah dan jenis yang terbatas.

Alsintan menjadi salah satu terobosan baru dalam pembangunan pertanian untuk mengatasi permasalahan keterbatasan jumlah tenaga kerja di pedesaan, juga dapat mendukung dua komoditas target swasembada seperti padi dan jagung.

Baca Juga :   Mewabahnya Virus Corona (Covid-19), Ini Yang Dilakukan Polsek Sabak Barat

Alsintan diharapkan menjadi bagian dalam peningkatan produktivitas pertanian, “Bantuan Alsintan yang diberikan sekarang kepada kelompok tani, harus dirawat dan dikelola dengan baik dan bisa digunakan bagi seluruh petani dan kelompok tani,” kata Bupati.

Ditambahkannya, kepada Kelompok Tani yang menerima bantuan Alsintan agar dapat lebih bertanggungjawab dalam hal pemeliharaan dan pemanfaatan alat tersebut sehingga nanti dengan adanya bantuan Alsintan ini dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan pertanian yang ada di Kabupaten Muaro Jambi.

“Kepada kelompok tani penerima bantuan agar dapat berkoordinasi dengan baik kepada anggota kelompok tani dalam hal pemanfaatan Alsintan tersebut agar dapat memelihara, menjaga, mengelola dan menggunakan dengan baik sehingga alat tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik dan tidak cepat rusak tidak disalah fungsikan atau digunakan untuk hal lain,” ujarnya.

Baca Juga :   Jalin Silahturahmi Danlanud RHF Kunjungi PT BIIE Lobam

“Kelompok Tani penerima sudah harus mempunyai strategi dalam mengatur pola pemanfaatan, penggunaannya begitu juga administrasinya agar Kelompok Tani itu dapat berkembang dan mensejahterakan seluruh anggotanya,” imbuhnya.

Dalam jangka pendek, sektor pertanian dalam arti luas harus menjadi sektor terdepan dalam upaya mengentaskan kemiskinan, perannya tidak hanya dari segi peningkatan pendapatan dan penciptaan lapangan kerja namun juga menjaga stabilitas harga pangan yang didukung oleh penyedia stok pangan.

“Peran Dinas Pertanian sangat penting dalam merumuskan dan menjalankan kebijakan, program dan kegiatan pembangunan pertanian yang ada, sehingga dalam pelaksanaannya diharapkan dapat berjalan dengan baik dan bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Desa di lima Desa ,harap Bupati.

Baca Juga :   Wujudkan Sinergitas TNI Dan Polri , Kodim 0314 Dan Polres Inhil Gelar Olahraga Bersama

Sementara itu, Kepala Dinas Pertahanan Pangan Kabupaten Muaro Jambi Zulkarnain mengatakan, adapun Alat  Pertanian merupakan Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Pertanian Tahun Anggaran 2021 melalui sumber Dana daerah Kabupaten Muaro Jambi.

Maksud dan tujuan penyerahan Alsintan berupa alat mesin perontok padi (10) unit, Sprayer (14) unit, terpal padi (60) unit, lima kelompok untuk membantu para petani dan kelompok tani di wilayah Kabupaten Muaro Jambi dalam rangka mendukung  peningkatan SDM petani dapat mandiri, serta dapat meningkatakan produksi, kualitas dan kuantitas produksi pertanian.(Edy)