Podiah !! Situjuah Batua, Nagari Pejuang Yang Terpilih Sebagai Nagari Ketiga Terbaik se Sumbar

Limapuluh Kota, cmczone.com- Nagari Situjuah Batua secara geografis terletak di kaki Gunuang Sago yang secara administratif merupakan salah satu dari 5 Nagari dalam lingkup Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Limapuluh Kota.

Ada 6 Jorong yang menjadi wilayah Pemerintahan Nagari Situjuah Batua dengan pusat Pemerintahan Nagari berada di Jorong Situjuah Batua.

Wali Nagari Situjuah Batua adalah Don Vesky Datuak Tan Marajo yang terpilih pada Pilwana ( Pemilihan Wali Nagari ) tahun 2016 yang lalu, ini merupakan Periode kedua bagi DV. Dt.Tan Marajo sebagai Wali Nagari untuk mengabdi kepada Masyarakat Nagari Situjuah Batua.

Situjuah Batua juga merupakan salah satu Nagari dari 79 Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota Provinsi Sumatera Barat.

Situjuah Batua secara Historis merupakan tempat sangat bersejarah bagi pejuang pejuang bangsa yang rela berkorban dalam mempertahankan kemerdekaan dari tangan Penjajah. Situs Prasasti dan Taman Makam Pahlawan di Situjuah Batua merupakan gambaran masa lalu tentang heroiknya Para Pahlawan mengorbankan jiwa dan raga mereka dalam bingkai apik Peristiwa Situjuah yang melegenda.

Baca Juga :   Tak Kunjung Ditahan Setelah Ditetapkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana Covid-19 Kota Payakumbuh, LSM Anti Rasuah Resmi Surati Kejagung

Mewakili Kabupaten Limapuluh Kota sebagai Juara ajang Lokal ( walaupun hadiah belum diterima sampai saat ini.red ), Nagari Situjuah Batua berhak hadir sebagai perwakilan Kawasan untuk berlaga di Ajang lebih tinggi yakni Ajang Nagari Berprestasi tingkat Sumbar. Dalam Ajang tersebut Nagari Situjuah menjadi Juara tanpa Mahkota dan harus puas menjadi Juara 3, hadiahnya : Piala, Piagam penghargaan dan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 15 juta.

Penilaian berorientasi pada segala bidang seperti : Bidang Pemerintahan, Pelayanan, Kesehatan, Ekonomi, dll. Nagari Situjuah sebagai Pengumpul poin ketiga terbaik, walaupun ada sedikit kontroversi bahwa Nagari Situjuah Batua hanya juara 3, walau banyak pihak yang menyatakan bahwa Nagari tersebut layak sebagai juara pertama se Sumbar, tapi hal tersebut tidak menjadi masalah bagi Wali Nagari Situjuah Batua DV. Dt.Tan Marajo, ” Kami di Nagari Legowo dan bersyukur sudah menjadi Nagari ketiga terbaik dari ± 870 Nagari/Desa se Sumbar ” ujar Pak Wali yang Low Profile dan tegas ini.

Baca Juga :   Mobil Ambulance RSUD Siwa Kecelakaan di Jalan Poros

Dalam mengemban tugas berat dalam memegang amanah anak Nagari, DV.Dt.Tan Marajo juga berusaha untuk selalu prinsip prinsip Akuntabel dan Transparansi, terutama tentang anggaran. ” Semua potensi di Kantor Wali Nagari berupa Kaur Kaur di fungsikan sesuai Tupoksinya, sampai kepada hal hal yang sensitif , yakni anggaran. Anggaran itu ada di Bendahara, keluar masuknya Anggaran itu sudah ada Regulasinya yang harus dipatuhi oleh setiap Pelaksana di Kantor Wali Nagari. Saya memposisikan hanya sebagai Pengawas dan Penanggung Jawab dalam struktur management pemerintahan Nagari ” pungkasnya.

Akselerasi Wali Nagari yang berpijak pada Sistem Good and Clean Government ini dalam menjalankan Pemerintahan Nagari telah mengundang 5 Desa di Kecamatan Sei.Penuh Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi untuk melakukan Study Tiru ke Nagari Situjuah Batua pada tanggal 17 – 19 Desember 2021.

Baca Juga :   Maraknya Galian C, LSM Pakar RI Angkat Bicara : Pemda dan APH Kok Diam

Beberapa waktu lalu bersama 4 Nagari lainnya di Sumbar beserta Nagari Situjuah Batua diundang oleh Gubernur Sumatera Barat H.Mahyeldi untuk dipertemukan dengan Tokoh tokoh Perantau Minang Maimbau, seperti : Fahmi Idris, Sofyan Djalil, Firdaus Abe, dkk dalam Diskusi yang bertema Menggagas Percepatan Pembangunan berbasis Nagari. Dalam Forum tersebut juga dihadiri oleh Ketua ketua Persatuan Perantau Minang yang diluar Daerah.

Apresiasi berbentuk Penghargaan juga hadir dari Kapolri berupa Piala Presisi ( satu satunya Nagari di Sumbar.red ) Sebagai Nagari/Desa/Kelurahan dalam Pelaksanaan PPKM, yang penghargaannya di serahkan oleh Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira. Penilaian tersebut berakar pada suksesnya Nagari Situjuah melaksanakan Program Pemberian Vaksin Covid-19 kepada 61% Warga Nagari Situjuah Batua.