Berita  

H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo akan sebar 5 Paket Pokir tahun 2022 di Nagari Harau

Limapuluh Kota, cmczone.com- H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Barat kunjungi Nagari Harau Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat 28 Januari 2022.

Kunjungan yang awalnya dalam rangka pembinaan Kelompok Budi daya Lebah Trigona ( Galo – Galo ) saja dengan memanfaatkan Hutan Nagari oleh Lembaga Pemberdayaan Hutan Nagari ( LHPN ), berkembang dengan akan 4 Pokir lainnya yang disebar di Nagari Harau.

4 Pokir untuk Nagari Harau pada tahun 2022 ini, sbb : 1.Budidaya Tanaman Cabe untuk 1/2 Ha Lahan – Kelompok Tani, 2. Budidaya Tanaman Bawang 1/2 Ha Lahan untuk Kelompok Tani Jorong Ulu Aia, 3. Pelatihan Budidaya Tanaman Cabe ke Provinsi, 4.Bantuan Betor ( Becak Motor ) untuk Jorong Landai.

Baca Juga :   Kisah Pilu Designer Muda Limapuluh Kota Juara 1 DMWC Sumbar 2022, Hadiah Disunat?

H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo dalam sambutannya menyatakan bahwa : ” Kami sebagai Wakil dari Ibuk bapak sekalian akan berusaha untuk selalu memperjuangkan aspirasi yang kami serap.Untuk tahun ini (2022) Insyaallah ada 5 bidang yang akan kami bantu melalui Pokir ( Pokok Pokok Pikiran ) kami ” ungkapnya di Kantor Wali Nagari Harau, Jumat 28 Januari 2022.

Dalam Kesempatan tersebut Wali Nagari dan Perangkat Nagari lainnya beserta perwakilan masyarakat juga meminta kepada Dt.Bijo untuk memperjuangkan akses Jalan menuju tempat tempat wisata yang memang Nagari Harau kaya akan potensi wisata, seperti : Air Terjun Sarosah Murai, Ngalau seribu dan tentunya simbol Harau yang debit air terjunnya sudah sangat kurang, yakni Air Terjun Aka Barayun, dll.

Baca Juga :   Berkas Lengkap, Pengeroyokan Niniak Mamak Mungka Dilimpahkan ke Kejaksaan

H.Nursal-Ketua Muna ( Majelis Ulama Nagari ) Harau, Ahmad Fauzi-Ketua Bumnag dan Rafi- Anggota Bamus ( Landai ) serta Kepala Jorong Harau Hendri juga memohonkan Jalan Nagari yang merupakan akses utama Nagari yang sampai saat ini masih dalam pengerasan ; ” Kami menyampaikan aspirasi kami kepada Pak Datuak untuk memperhatikan akses Jalan Kami di Nagari untuk dicarikan skema pembiayaannya sehingga bisa diperbaiki segera, jika akses jalan sudah baik maka kami akan bisa membuka akses jalan lainnya menuju spot spot Wisata yang banyak belum tersentuh, maka potensi potensi Wisata tersebut akan segera bisa dikunjungi oleh Wisatawan. Kalau itu bisa terwujud dengan sendirinya potensi ekonomi juga akan berkembang ” pungkas mereka.

Baca Juga :   Pengurus Cabang Mahasiswa Pecinta Tanah Air Indonesia Kabupaten Deli Serdang Dukung Penyesuaian Harga BBM

” Untuk kami di Provinsi, yang bisa langsung kami kucuri via Pokir adalah Jalan Nagari, Jalan Usaha Tani, Jalan Lingkung, kalau Jalan Nagari yang statusnya Jalan Kabupaten akan kami mintakan Ke Pak Bupati Limapuluh Kota ” pungkas H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo dalam sesi tanya jawab.

Dalam Acara tersebut juga dihadiri oleh Wali Nagari Harau Syukriandi dan Kepala Kecamatan Harau Andri Yasmen beserta Perangkat Kecamatan.