Soal Subsidi Bunga 0% Bagi Pelaku UMKM: Pemkab Meranti Belajar ke Kepri

Tanjungpinang, cMczone – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti melakukan kunjungan kerja ke Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), untuk belajar terkait regulasi bantuan subsidi bunga 0 persen bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri.

Rombongan dari Pemkab Kepulauan Meranti ini dipimpin oleh Assisten I Sekretariat Daerah Pemkab Kepulauan Meranti Irmansyah, Jumat (11/3/2022) dan disambut oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kepri Agusnawarman, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kepri Riki Rionaldi dan Perwakilan dari Biro Ekonomi Pembangunan, bertempat di Ruang Rapat Kantor Dinas Koperasi dan UKM.

Dari Pemkab Kepulauan Meranti yang Ikut bersama rombongan diantaranya Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Pimpinan Cabang Bank Riau-Kepri Kepulauan Meranti dan beberapa orang staf.

Kunjungan Kerja Pemkab Kepulauan Meranti ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Kepri yang didampingi oleh Sekertaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepri serta Perwakilan Pimpinan Cabang Bank Riau-Kepri Tanjungpinang.

Dalam kesempatan ini, pihak Pemkab Kepulauan Meranti ingin menggali informasi terkait regulasi teknis pemberian bantuan bunga 0 persen untuk para pelaku UMKM di Kepri.

Pemprov Kepri dinilai telah berhasil memberdayakan UMKM dengan skema pemberian pinjaman tanpa bunga (0%) atau Pemprov Kepri menanggung beban bunga pinjaman yang dibebankan kepada pelaku UMKM. Dalam hal ini Pemprov Kepri bekerjasama dengan Bank Riau-Kepri.

Baca Juga :   Bupati Bintan-PT Pos Indonesia Jalin Kerja Sama dalam Penyaluran Bansos...

“Program ini didasari oleh keinginan Bapak Gubernur setelah mendengar keluhan masyarakat yang terkena dampak dari Covid-19, terutama pada Usaha Kecil dan Menengah,” ungkap Agusnawarman.

Setelah acara pertukaran informasi dan tanya jawab antar Pejabat Pemkab Kepulauan Meranti dengan Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Kepri selesai dilanjutkan dengan acara foto bersama.

Agusnawarman menambahkan, bahwa Pemprov Kepri juga telah menyediakan dana subsisi bunga sebesar Rp.2 miliar untuk Tahun 2022 ini.

Jika rata-rata pelaku UMKM mengajukan pinjaman ke Bank Riau sebesar maksimal Rp.20 juta, maka sebanyak 1000 pelaku UMKM yang ada di seluruh Kepri akan bisa memanfaatkan fasilitas pinjaman bungan 0 persen ini di Bank Riau-Kepri.

Baca Juga :   Indahnya Desa Konoha Indonesia

“Ini merupakan program kerja Gubernur dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi di Kepri,” ujar Agusnawarman.

Editor: Budi Adriansyah