LiveNews
Berita  

Masih Suasana Lebaran, H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo Panen Raya Padi Organik di Batu Balang

cMczone.com- Anggota DPRD Provinsi Sumbar dari Fraksi Partai Gerindra H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo penuhi undangan Kelompok Tani di Nagari Batu Balang, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota yang sedang melakukan Panen Raya Padi yang sudah menggunakan pupuk organik sebesar 30%, Sabtu 07 Mei 2022.

Ketua Kelompok Tani Liza mengatakan bahwa mereka sengaja mengundang H. nurkhalis Dt Bijo Dirajo pada panen mereka dikarenakan merasa dekat dan selalu rajin berkunjung ke kelompok kelompok tani yang ada di kabupaten limapuluh kota ini ulas Liza ketua kelompok tani tersebut.

Dalam sambutannya Nurkhalis Dt Bijo Dirajo menyampaikan pentingnya masyarakat petani merubah pola pikir mereka selama ini yang selalu tergantung kepada pupuk kimia. Padahal banyak alternatif yang bisa digunakan sebagai pengganti pupuk kimia tersebut salah satu contoh terang Nurkhalis Dt Bijo Dirajo adalah dengan penggunaan pupuk Bio Organik Super aktif yang telah di coba oleh kelompok tani ini.

Sebab lama kelamaan masalah subsidi pupuk ini akan menjadi beban dalam keuangan negara. Sudah saatnya masyarakat petani berangsur angsur mandiri agar bisa maju seperti petani petani luar negeri.

Pemakaian pupuk kimia yg terus menerus tentu ini akan merusak struktur tanah. Karena sebagai contoh pada pupuk Urea saja yang mengandung Nitrogen 46% sisanya sekitar 54% adalah unsur lain yang sebetulnya tidak dibutuhkan oleh tanah karena bersifat padat. Bayangkan pada proses pemupukan yg terus menerus pada satu lokasi lahan tentu ini justru akan membuat lahan pertanian menjadi tidak subur.

Pupuk Organik telah banyak dibuktikan oleh petani petani diluar sumatera dan mereka berhasil. Inilah yang mendorong Nurkhalis Dt Bijo Dirajo memberikan arahan agar petani mulai biasa memakai pupuk organik untuk lahan pertanian mereka.

Dari hasil pantauan kami media dan wawancara langsung dg Ibu Liza ketua kelompok Tani Nagari Batu BALANG menyampaikan bahwa panen mereka meningkat sangat signifikan setelah menggunakan pupuk Bio Organik Super aktif. Lahan sawah mereka yg sedang dilakukan panen seluas 0.8 Ha sebelumnya hasil panen mereka hanya mencapai 2 ton. Tetapi setelah mencoba pemakaian pupuk Bio Organik Super aktif ini bisa meningkat mencapai 4 ton. Dan pemakaian pupuk organik ini adalah yang kedua kali mereka lakukan dan Alhamdulillah hasil tetap bisa dipertahankan terang Liza menutup pembicaraannya.

Panen Raya tersebut Juga dihadiri oleh Walinagari Batu Balang Bapak Dasril dan Ketua Bamus. Dalam keterangan nya Walinagari Batu Balang sangat men support kelompok tani kedepannya agar mulai beralih juga kepada pemakaian pupuk Organik ini. Karena disamping bisa meningkatkan produksi pertanian tentunya pupuk ini juga ramah lingkungan terangnya.

Exit mobile version