LiveNews
Berita  

Waduh !! Beredar Surat Dukungan Dari Satu Fraksi di DPRD Limapuluh Kota Untuk Salah Satu Calon Walinagari di Kecamatan Payakumbuh

cMczone.com- Fraksi Bintang Perjuangan merupakan koalisi 3 Partai yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Limapuluh Kota periode 2019-2024. 3 Partai yang berkoalisi tersebut adalah PDI-P, PKB dan Nasdem dengan jumlah anggota Fraksi sebanyak 5 orang.

Surat yang dimaksud adalah Surat pernyataan dukungan dan komitmen untuk Tenaga ahli Fraksi Bintang Perjuangan, Yose Ade Yanto, S.Kom yang maju sebagai Calon Walinagari Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabuapaten Limapuluh Kota Periode 2022-2028.

Saat ini seperti sudah jamak diketahui bahwa 70 dari 79 Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota akan melaksanakan Pilwana serentak pada tanggal 25 Mei 2022.

Dalam setiap kontestasi tentu dukungan secara fair dari dalam daerah pemilihan tentu wajib dikantongi untuk memenangkan kontestasi tersebut, tapi menggunakan “kekuatan luar” dari daerah pemilihan untuk memenangkannya tentu menjadi hal yang patut dipertanyakan.

Dengan memperoleh dukungan dan komitmen dengan iming-iming Pokir 5 x 100 juta pertahun anggaran dari 5 anggota Fraksi Di DPRD Limapuluh Kota, serta ada penggiringan “Opini” dalam Surat Dukungan dan Komitmen bisa menjadi “rujukan”, tentunya akan bisa mengguncang Psikologis para Pemilih yang ada di Nagari Simalonggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Limapuluh Kota.

Diduga dengan menggunakan Surat dukungan dan Komitmen dari 5 Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota yang sedang menjabat bisa mendapat dukungan Luas dari Pemilih dari Nagarinya, tapi tanpa mereka sadari bahwa Pemilihan Wali Nagari adalah Pesta setiap anak Nagari dan hanya untuk berada di “Salingka Nagari”, tidak perlu menggunakan dukungan dari pihak luar, ” itu galia (curang) namonyo, kok takuk kalah indak usah soto ( curang dan takut kalah) ” ujar salah seorang Anak Nagari.

Jargon Pilwana serentak Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2022 ini ” Badunsanak ” ( Bersaudara ), sehingga praktek-praktek dukungan yang tidak fair bisa dihindari sehingga kondusifitas Salingka Nagari selalu bisa dijaga.

Dalam perjuangan merebut kekuasaan menggunakan, bisa juga berpijak kepada salah satu falsafah Minang yang indak lapuak dek paneh dan indak lokang dek ujan (Abadi), yakni : ” Togak Samo tinggi, duduak Samo rondah (Adil) “. Kalah menang dalam kontestasi itu biasa.
” Untuk Bapak-bapak duduk sambil diskusi di gedung dewan yang terhormat, Kalau mau dukung, supaya adil, jangan cuma satu didukung, tapi dukunglah semua calon yang berlaga, itu baru adil ” tukuk mereka.

Yose Ade Yanto, S.kom ketika dihubungi awak media, Senin 23 Mei 2022 : Membenarkan Surat dukungan dan Komitmen itu untuk dirinya, tapi menolak memberikan keterangan lebih lanjut.

H.Darliyus yang merupakan Ketua Fraksi Bintang Perjuangan di DPRD Kabuapaten Limapuluh Kota periode 2019-2022, ketika dihubungi awak media, Konfirmasi hanya dibaca, tapi tidak ada tanggapan.

Hanya satu Anggota Fraksi yang bersedia memberikan keterangan yakni Pak Dewan Alia efendi dari partai Nasdem, tapi hanya balas begini : ” Hubungi saja Ketua Fraksi” balasnya…

Exit mobile version