H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo S.Pt Bersama UPTD BLK Payakumbuh Buka Pelatihan Pembuatan Roti dan Kue Bundo Kanduang Koto Nan Ompek

cMczone.com- Pelaksanaan latihan kerja berdasarkan klaster kompetensi-kejuruan processing UPTD BLK Payakumbuh Tahun 2022 bidang pembuatan roti dan kue (160 JP) oleh instruktur bersertifikasi standar Nasional resmi dibuka di Kelurahan Balai Nan Duo Kecamatan Payakumbuh Kota Payakumbuh, Sabtu 18 Juni 2022.

Kepala UPTD-BLK Payakumbuh Patrianus Syahid (Nanang) dalam keterangannya mengatakan: “pelatihan ini terlaksana bersumber dari APBD Sumatera Barat melalui skema pembiayaan pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Fraksi Gerindra H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo S.Pt. tujuannya untuk mencetak enterpreneur dikalangan ibu-ibu pasif income dalam rangka meningkatkan ekonomi keluarga. Program ini merupakan progul (Program Unggulan ) pemerintah sesuai dengan Permennaker No 34 tahun 2016,” ungkapnya.

Selanjutnya kepala BLK Payakumbuh Patrianus Syahid menambahkan : “pelatihan akan diikuti oleh 16 orang, jumlah pembelajaran (JP) selama 160 jam/20 hari dengan durasi 8 jam/hari. Instruktur yang akan memberi pembelajaran adalah Ibuk Ira yang bersertifikasi Nasional. Masing masing peserta akan menerima dasar dasar ilmu pembuatan roti dan kue, seragam dan buku-buku petunjuk pembuatan kue dan roti.” pungkasnya.

Baca Juga :   Wabup RKN Buka Turnamen Sepakbola Antar Jorong se-Kenagarian Pangkalan

Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Sumbar H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo S.Pt yang hadir langsung untuk membuka pelatihan pembuatan roti dan kue selama 20 hari kedepan, dalam keterangannya menyampaikan : “dengan mengucap Basmallah hari ini kita buka pelatihan berbasis kompetensi pelatihan pembuatan roti dan kue di kelurahan Balai Nan Duo.”

Selanjutnya Dt. Bijo Berpesan kepada 16 orang Ibu ibu peserta pelatihan bahwa : “Kami berharap Ibu ibu peserta untuk bersungguh sungguh untuk menerima tranfer ilmu dari Instruktur UPTD BLK Payakumbuh, sehingga kedepan ilmu yang didapat bisa bermanfaat.”

“Pelaksanaan pelatihan pembuatan roti dan kue ini merupakan aspirasi yang ibu Ibu sampaikan kepada kami via reses tahun sebelumnya, Alhamdulillah tahun ini bisa kita anggarkan melalui pokok pokok pikiran kami di DPRD. Selanjutnya kami siap untuk menerima aspirasi, masukan dari bapak Ibuk semua, tidak hanya pelatihan pelatihan tapi kami siap dengan segala keterbatasan untuk selalu mendengar dan menerimanya, dan Selamat kepada ibu ibu peserta yang terpilih untuk menerima pelatihan pembuatan roti dan kue.” Anggota DPRD Provinsi Sumbar H.Nurkhalis Dt Bijo Dirajo S.Pt

Baca Juga :   Sebelum Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Es Buah Viral AA Yang Berlokasi di Tanjung Pauh Kota Payakumbuh Siapkan Enam Varian Buah Segar

Kepala Dinas Tenaga Kerja yang diwakili Kabid. Naker Gesmalinda yang hadir dalam pembukaan pelatihan pembuatan roti dan kue menekankan kepada peserta pelatihan untuk bersungguh sungguh dalam menerima pembelajaran dari Instruktur UPTD BLK Payakumbuh : ” Pasca Covid-19 sudah mulai melandai dan perekonomian mulai menggeliat, kami berharap Pelatihan pelatihan seperti ini akan bisa memberdayakan tenaga tenaga kerja kita yang pasif sehingga bisa menjadi ketahanan ekonomi berbasis keluarga” tukuknya.

Pelatihan pelatihan yang bersumber dari Pokir Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo ini bisa menambah meningkatkan sumber daya manusia khususnya Tenaga kerja pasif income sehingga daya ungkit Ekonomi berbasis Keluarga bisa seiring sejalan dengan Program unggulan (Progul) Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yakni mencetak Milenial enterpreneur dan Women enterpreneur 100 ribu per masing masing kelompok generasi.

Baca Juga :   Warga Sungai Rampah Antusias Ikuti Vaksinasi

Penulis : Soe-crie
editor. : Riki Hidayat