Rakorgub Se-Sumatera, Ansar Ahmad: Kesepakatan Bersama Berdampak Positif bagi Pembangunan dan Ekonomi…

cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, menghadiri acara puncak Rapat Koordinasi Gubernur (Rakorgub) Se-Sumatera Tahun 2022,di Ballrom Premiere Hotel, Pekanbaru, Provinsi Riau, Kamis (30/6/2022).

Provinsi Riau menjadi tuan rumah pada event tahunan yang sempat tertunda selama dua tahun sejak Tahun 2019 akibat pandemi Covid-19.

Hadir langsung membuka Rakorgub, Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo, yang baru dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Wamendagri pada Rabu (15/6/2022) yang lalu.

Hadir juga Staf Ahli Bidang Pemerataan Kementerian Bappenas Oktorialdi. Sedangkan Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna, hadir secara virtual.

Tema Rakorgub adalah ‘Transformasi Ekonomi Sumatera’ dengan lima fokus pembahasan, antara lain pemerataan infrastruktur, hilirisasi Sumber Daya Alam (SDA), penguatan jaringan pariwisata dan ekonomi kreatif, percepatan penurunan stunting dan kemiskinan ekstrim, serta pembangunan rendah karbon.

Baca Juga :   Penempelan stiker bansos sudah terlaksana di kelurahan bagan kota

Gubernur Provinsi Riau Syamsuar, sebagai tuan rumah membacakan hasil kesepakatan Rakorgub Teknis antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Se-Sumatera, yang telah digelar sehari sebelumnya.

Setidaknya terdapat 39 poin yang kesepakatan dari lima fokus pembahasan tersebut. Kesepakatan tersebut pun dirumuskan sebagai Kesepakatan Bersama Kerja sama Antar Daerah yang ditandatangani oleh para Gubernur Se-Sumatera.

Syamsuar berharap, Rakorgub ini dapat menghasilkan sinergitas dalam percepatan pembangunan dalam bentuk kerja sama. Untuk itu hasil kesepakatan dalam Rapat Koordinasi Teknik (Rakortek) sebelumnya

“Tujuannya sebagai sarana menjembatani pola komunikasi antar kepala daerah Se-Sumatera (Gubernur) dan sebagai wadah evaluasi kerja sama yang telah terjalin sebelumnya dalam rangka membangun daerahnya masing-masing,” ujar Syamsuar.

Baca Juga :   Rektor UMN Al Washliyah Apresiasi Gebyar Vaksinasi Presisi Bagi Mahasiswa

Ansar, usai acara menyampaikan dirinya sengaja hadir langsung pada Rakorgub ini dengan membawa beberapa pimpinan OPD untuk mengusulkan kesepakatan-kesepakatan berdasarkan permasalahan di Kepri yang berkaitan dengan kelima fokus pembahasan Rakorgub.

“Saya harap kesepakatan bersama yang telah ditandatangani akan membawa dampak positif bagi percepatan pembangunan dan pemulihan ekonomi di wilayah Sumatera dan Kepri khususnya,” ujar Ansar.

Memang kelima fokus pembahasan dalam Rakorgub ini berafiliasi langsung dengan Provinsi Kepri. Sebut saja pemerataan infrastruktur yang terus digesa oleh Ansar, terutama di daerah 3T, hilirisasi SDA di bidang pengolahan hasil kelautan dan perikanan, penguatan jaringan pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf) demi peningkatan lenght of stay wisatawan mancanegara (wisman).

Baca Juga :   Eko Sumbaryadi Gantikan Lamidi sebagai Pj Sekdaprov Kepri

Kemudian percepatan penurunan stunting yang selalu menjadi fokus utama Ansar, serta pembangunan rendah karbon, di mana Ansar, selalu mengedepankan green energy dalam pengawasan masuknya investasi di Kepri.

Hadir langsung pada acara tersebut, Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Gubernur Provinsi Lampung Arinal Djunaidi, Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah, Gubernur Provinsi Jambi Al Haris, Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin, Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Mawardi Yahya serta Gubernur Provinsi Aceh dan Sumatera Utara yang masing-masing diwakili oleh Kepala Bappeda.

Editor: Budi Adriansyah