Pemprov Kepri dan BKMT akan Gelar Pawai Muharram Lagi

cMczone.com – Dalam menyambut datangnya 1 Muharam 1444 H, tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) akan mengadakan kegiatan Pawai Muharam yang sempat vakum selama 2 tahun dikarenakan pandemi Covid-19.

Dalam hal tersebut Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri Adi Prihantara, bersama Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kepri Dewi Kumalasari, mengadakan Rapat Pengarahan Kegiatan Pawai 1 Muharam 1444 H di Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang, Selasa (19/7/2022).

Dewi memaparkan, bahwa kegiatan pawai ini bertujuan untuk mengedukasi dan menyiarkan kepada para anggota majelis taklim Kepri dan kaum muslimin, khususnya generasi muda milenial akan pentingnya menyambut Tahun Baru Islam.

Baca Juga :   MTQ IX Kepri 2022: Tiba di Letung, Ansar Ahmad Disambut Wakil Bupati KKA dan Tokoh LAM

“Selain itu juga bertujuan mengajak kaum muslimin untuk mencintai hari besar keagamaan, dengan pawai ini juga mengajak masyarakat Kepri untuk berbagi cinta dan kebahagiaan bersama warga sekitar,” kata Dewi.

Dewi mengungkapkan, kegiatan Pawai Muharam ini akan diselenggarakan pada hari Minggu (31/7/2022), dengan mengambil rute berkeliling di kawasan yang ramai di Kota Tanjungpinang.

“Saya mengajak masyarakat Kepri, terkhususnya masyarakat Tanjungpinang untuk menghadiri serta memeriahkan kegiatan pawai 1 Muharam ini,” tutur Dewi.

Dewi menjelaskan, para peserta yang mengikuti kegiatan Pawai Muharam ini berjumlah 2000 orang, yang terdiri dari seluruh anggota majelis taklim yang ada di Kota Tanjungpinang (4 kecamatan) berjumlah 1000 peserta, siswa/siswi SLTA sederajat se-Kota Tanjungpinang yang berjumlah 420 peserta.

Baca Juga :   Roby Kurniawan dan PC NU Bintan Munajahkan Doa untuk Negeri...

“Dan juga marching band/drum band dari SMAN 1 dan SMAN 2 yang masing-masing sekolah diikuti oleh 70 peserta dan para undangan yang hadir.

Terakhir, Dewi juga menjelaskan kegiatan Pawai Muharam ini, BKMT Kepri berencana membekali barisan dengan slogan-slogan, bendera, tulisan asmaul husna, pesan-pesan moral yang isinya mengajak masyarakat Kepri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Selain itu, pawai ini juga dimeriahkan dengan mobil hias, kompang, marching band, sholawat serta pelepasan balon dan kegiatan pawai ini juga diisi dengan Tabligh Akbar yang menampilkan Ustadz Ali Mochtar Ngabalin dari Jakarta.

“Tiap barisan harus tampil semenarik mungkin dengan menampilkan tema Muharam dan atribut-atribut islami dan barisan tersebut nantinya akan dinilai oleh para juri berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan mendapatkan predikat juara 1,2,3 dan harapan 1,” tutup Dewi.

Baca Juga :   Nuzulul Qur'an Ramadhan 1443 H: Ansar Ahmad Ajak Umat Islam Internalisasi Al-Qur'an

Setelah mendengarkan pemaparan rencana kegiatan Pawai Muharam dari Ketua BKMT Kepri, Adi mengatakan, Pemprov Kepri siap mendukung kegiatan Pawai Muharam yang diselenggarakan oleh BKMT Kepri ini.

“Saya berharap, kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hadir dalam rapat ini untuk mencatat apa saja yang dibutuhkan oleh BKMT Kepri pada kegiatan pawai Muharam tersebut. Kalau ada kebutuhan yang diperlukan pada OPD terkait, OPD tersebut siap mendukung apa yang dibutuhkan oleh BKMT Kepri,” kata Adi.

Editor: Budi Adriansyah