LiveNews

H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo S.Pt dan UPTD-BLK Payakumbuh Buka Pelatihan Menjahit di Nagari Situjuah Banda Dalam

Cmczone.com- Bersumber dari APBD Provinsi Sumbar c/q pokir (pokok pokok pikiran) Anggota DPRD Sumbar H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo S.Pt, Disnaker-Trans (Dinas Tenaga Kerja-Transmigrasi) Provinsi Sumbar melalui UPTD-BLK Payakumbuh kembali membuka dan melaksanakan pelatihan menjahit pakaian wanita dewasa.

Pelatihan akan mulai dilaksanakan di Jorong Talaweh Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis 21 Juli 2022.

Sekira 8 jam/hari selama 33 hari peserta yang di dominasi wanita akan menerima pelatihan tekhnik tekhnik dasar menjahit dari instruktur BLK ichi, yang memiliki sertifikasi nasional.

Kepala UPTD-BLK Payakumbuh Patrianus Syahid, dalam keterangannya mengatakan : pelatihan ini diharapkan bisa meningkatkan ilmu jahit menjahit bagi ibu-ibu, sehingga dengan ilmu menjahit bisa menambah income rumah tangga.

Selanjutnya yang punya pokir, H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo S.Pt dalam keterangannya mengatakan : untuk tahun 2022 ini, kami akan melakukan 14 pelatihan yang bersumber dari pokir, ini merupakan aspirasi yang kami serap melalui reses pada tahun sebelumnya (2021) yang ibuk/bapak usulkan kepada kami dan alhamdulillah sudah bisa kita laksanakan tahun ini.

“Kami juga berpesan kepada peserta pelatihan (16 orang), untuk serius dan bersungguh sungguh dalam menerima tranfer ilmu dari instruktur BLK, sehingga Ilmu menjahitnya bisa terserap dengan baik,” tukuknya.

Kalau ilmu menjahit sudah ada, Ibuk Ibuk peserta punya peluang untuk menerima jasa menjahit, dll, sehingga Peluang untuk menambah pemasukan keluarga jadi terbuka, Tambah Anggota DPRD Provinsi Sumbar H.Nurkhalis Dt Bijo Dirajo S.Pt.

Selanjutnya Pak De, tokoh masyarakat Situjuah mengucapkan terima kasih kepada H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo S.Pt yang telah menepati janji yang terucap kepada masyarakat yang diserap melalui reses tahun lalu.

“‘Terima kasih Pak Datuak (Dt.Bijo) yang telah mendengar dan menyerap dengan baik aspirasi dari masyarakat kami (Situjuah), mudah mudahan pelatihan menjahit ini bisa meningkatkan SDM masyarakat kami khususnya ibu ibu peserta yang mayoritas IRT (Ibuk Rumah Tangga), dan tidak lupa kami doakan semoga ini bisa menjadi ladang pahala bagi Pak Datuk dan keluarga,” Pungkas Pak De.

Pelatihan Pelatihan sejenis, baik Pelatihan pembuatan kue dan roti, menjahit dan tata rias banyak diusulkan oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) menuju 100 ribu Women Enterpreneur yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat hingga 2024 nanti.

Soe-crie

Exit mobile version