Masyarakat Tumpah Ruah Saksikan Pawai Muharram yang Digelar Pemprov Kepri dan BKMT

cMczone.com – Setelah dua tahun absen digelar akibat pandemi Covid-19, Pawai Muharram kembali diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) dan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi Kepri di Kawasan Tepi Laut, Kota Tanjungpinang, Ahad (31/7/2022).

Animo masyarakat sangat tinggi untuk menyaksikan Pawai Muharram sempena menyambut Tahun Baru Islam 1444 Hijriah.

Pantauan di lapangan, mulai pukul 8.00 WIB masyarakat Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan sudah memadati pinggir jalan, di mana pawai akan melewati mereka.

Panas matahari pagi tidak menghalangi mereka untuk melepas kerinduan melihat pawai yang sudah lama tidak mereka saksikan.

Baca Juga :   120 Kg Sabu Dari Malaysia Melalui Bengkalis Riau Ditangkap

Pawai Muharram 1444 H dimulai dari titik awal di Kantor Lama Walikota Tanjungpinang dan berakhir di Gedung Daerah. Pawai Muharram tersebut dilepas langsung oleh Ketua BKMT Provinsi Kepri Dewi Kumalasari.

Adapun peserta Pawai Muharram tahun ini diikuti oleh siswa/siswi dari seluruh SMAN dan SMKN di Kota Tanjungpinang yang berjumlah 13 sekolah.

Setiap sekolah menampilkan mobil hias masing-masing yang menonjolkan kreativitas mereka dengan menggunakan barang daur ulang. Masing-masing sekolah juga menampilkan berbagai pertunjukan seni yang mereka miliki, seperti marawis dan rebana.

Tidak hanya peserta dari sekolah, Pawai Muharram juga diikuti oleh seluruh BKMT Kecamatan se-Kota Tanjungpinang.

Mereka bersama-sama menyanyikan sholawat dan memukul kompang untuk semakin memeriahkan Pawai Muharram. Diperkirakan total peserta yang mengikuti Pawai Muharram tahun ini mencapai 3.000 orang.

Baca Juga :   DIREKSI BUMD PD SP ROHIL BARU DILANTIK, BERHASIL UPAYAKAN ASPIRASI KEBUTUHAN MASYARAKAT SERTA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT.

Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad, yang menyaksikan Pawai Muharram dari panggung bersama Ali Mochtar Ngabalin mengaku sangat bahagia dan bersyukur melihat antusias masyarakat berbondong-bondong melihat Pawai Muharram.

“Kita sangat bersyukur Pawai Muharram bisa kita adakan lagi, dengan banyaknya masyarakat yang datang, saya kira ini momentum awal yang bagus untuk kita menjadikan Tahun Hijriah ini tahun yang penuh berkah,” kata Ansar.

Hal senada diaminkan Ketua BMKT Provinsi Kepri Dewi Kumalasari. Dewi mengatakan, momentum tahun baru hijriah mengandung makna semangat perjuangan tanpa putus asa dan rasa optimisme yang tinggi, yaitu semangat berhijrah ke arah yang lebih baik.

“Untuk itu, melalui peringatan
Tahun Baru Islam 1 Muharram dan Tabligh Akbar ini, marilah kita meningkatkan keimanan dan ketaqwaan,
mempererat ikatan silaturahmi dan selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah Subhanahu Wa Ta’ala berikan,” kata Dewi.

Baca Juga :   26 Orang Terduga Teroris Yang Ditangkap di Gorontalo dan Makassar, Telah di Berangkatkan ke Jakarta

Usai Pawai Muharram, Ansar langsung menuju Halaman Gedung Daerah untuk mengikuti Tablig Akbar, yang mana Ali Mochtar Ngabalin, akan menjadi penceramah dalam Tablig Akbar menyambut Tahun Baru Islam 1444 Hijriah.

Editor: Budi Adriansyah