Ansar Ahmad Serahkan Bus untuk SMKN 6 Batam: Bukan Bus Baru, Tapi Bisa Dimanfaatkan…

cMczone.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) menyerahkan bantuan 2 unit bus untuk transportasi dan juga praktek siswa.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad, bertempat di SMKN 6, Kabil Kota Batam, Senin (1/8/2022).

Menurut Ansar, bantuan transportasi bus yang diserahkan, meski bukan bus baru, tapi masih bisa dimanfaatkan untuk keperluan anak-anak bersekolah dan juga untuk pelatihan praktek anak-anak di sini.

Dikatakan Ansar, keberadaan SMK memang sengaja dilahirkan pemerintah untuk bisa mencetak anak-anak yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus, agar saat mereka selesai dari sekolahnya, bisa diterima  di dunia kerja.

Baca Juga :   Mahasiswa FISIP UNRI Lakukan Praktikum Di Desa Talang Durian Cacar

“Dan saya yakin, selesai dari sini anak-anak bisa langsung masuk dunia  kerja,” ujar Ansar.

Apalagi, lanjut Ansar, SMKN 6 telah bekerja sama dengan sejumlah mitra industri. Di mana mereka adalah perusahaan yang memang memberikan perhatian bagi terciptanya tenaga muda penuh skill, sesuai yang dibutuhkan perusahaan.

Ansar juga meminta, agar kerja sama dengan sejumlah mitra industri ini terus diperluas lagi, agar memberikan banyak kesempatan bagi anak-anak mendapatkan lebih banyak lagi kemampuan meningkatkan kompetensinya.

Diakhir sambutannya, Ansar juga meminta kepada para guru untuk tidak sekedar berperan mentransfer ilmu semata, tapi lebih dari itu, guru juga harus mampu menjadi fasilitator sekaligus mentor yang baik bagi anak didiknya.

Baca Juga :   Tingkatkan Disiplin Siswa Siswi SMK Kristen 1 Surakarta, Babinsa Koramil 04/Jebres Latih PBB

Sementara, Kepala Sekolah SMKN 6 Batam Deden Suryana, mengucapkan terima kasih atas bantuan 2 bus yang masing-masing akan digunakan untuk transportasi dan praktikum.

“Sebagai sekolah unggulan, kita memang terus berupaya melahirkan anak-anak dengan kemampuan yang dibutuhkan perusahaan selaku mitra industri kami,” kata Deden.

Deden menjelaskan, sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan kejuruan, SMKN 6 diyakini akan mampu menghasilkan tenaga kerja kompeten tingkat menengah yang siap bekerja untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha, industri, berwira usaha, hingga terus melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

“SMKN 6 Batam sendiri memiliki kompetensi keahlian, seperti jurusan teknik alat berat, teknik permesinan dan teknik pengelasan. Juga ada jurusan teknik komputer jaringan, teknik kendaraan ringan dan teknik alat berat,” ungkap Deden.

Baca Juga :   Presiden Mahasiswa BEM KM UMRAH Periode 2022 Resmi Dilantik

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara SMKN 6 dengan sejumlah mitra industri, mulai dari PT Citra Tubindo TBK, PT Toyota Agung, PT Batam Bafering Shipyard, PT CPPI, PT Louis Alain dan PT Fiber Networking Indonesia.

Editor: Budi Adriansyah