RKN bantu KWH Meter untuk Pustu di Jorong Sungai Mangkirai Nagari Pandam Gadang, Mulyadi : Alhamdulillah !

Cmczone.com- Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) membantu KWH Meter untuk Pustu (Puskesmas Pembantu) Jorong Sungai Mangkirai, Nagari Pandam Gadang Kecamatan Gunuang Omeh, Kamis 04 Agustus 2022.

“Alhamdulillah, Pustu yang sebelumnya menyambung daya Listrik dari rumah warga hanya untuk penerangan, sekarang sudah bisa menggunakan Daya Listrik sesuai kebutuhan Pustu dengan bebas,” ungkap Kepala Jorong Sungai Mangkirai Nono.

Pustu Sungai Mangkirai yang sebelumnya hanya punya satu orang nakes, sekarang sudah bisa dilayani dengan tambahan satu orang nakes lagi dan diharapkan masyarakat yang ingin berobat bisa dilayani dengan cepat, pungkas Pak Jorong .

Kondisi geografis Jorong Sungai Mangkirai yang cukup luas, dan juga secara topografi, kontur wilayahnya banyak daerah perbukitan, menyebabkan pemukiman masyarakat tersebar dan banyak terpusat dalam satu kawasan, dan ditambah akses jalan desa yang masih merupakan jalan tanah, sehingga jika ada warga yang sakit lalu berobat ke Pustu yang hanya punya satu orang nakes berhalangan, itu juga sering menjadi kendala yang dikeluhkan warga, setidaknya tambahan satu orang nakes/bidan bisa sedikit mengatasi keluhan warga yang ingin berobat.

Baca Juga :   Inovasi Pj Wako Lahirkan Warung Pemantauan Inflasi Pertama di Sumbar

“Dengan mengandalkan satu nakes pustu yang aktif sebenarnya belum bisa mengcover keseluruhan masyarakat jorong sungai mangkirai. Alhamdulillah tahun ini pemerintah daerah memberikan penambahan satu bidan desa untuk jorong sungai mangkirai,” tukuk Tokoh Pemuda setempat Mulyadi.

Setelah masalah Nakes sedikit teratasi, selanjutnya Gedung Pustu yang sudah tua dan butuh direnovasi, sehingga warga melakukan Goro (Gotong Royong), lalu mengundang Wakil Bupati Limapuluh Kota RKN beberapa waktu yang lalu.

Surya mulyadi, sebagai pemuda yang merupakan warga asli Pandam Gadang berinisiatif untuk mengajak Wakil Bupati Limapuluh Kota, Rizki kurniawan Nakasru untuk hadir dalam kegiatan goro tersebut, dan Wabup menyanggupi untuk hadir dengan bersepeda ke Jorong Sungai Mangkirai.

Baca Juga :   Pererat Silaturahmi, Pimpinan Media Online CMCZONE.COM Berkunjung ke Provinsi Jambi

“Alhamdulillah berkat usaha Mulyadi wakil bupati 50 kota bisa hadir dalam kegiatan itu. Dalam kegiatan goro tersebut wakil bupati banyak berdiskusi dg masyarakat, selain gotong royong bersama wakil bupati juga memberikan sedikit sumbangan saat goro tersebut, namun tidak hanya itu pustu tersebut juga belum dialiri listrik, sehingga listrik baru juga harus dimasukkan, alhamdulillah wakil bupati pun menyanggupi hal tersebut,” tukuk Mulyadi.

Alhamdulillah, Saat ini Pustu sudah sudah selesai di renovasi secara bergotong royong oleh warga, Nakes/bidan desa sudah tersedia sebanyak 2 orang dan Listrik sekarang juga sudah mandiri setelah di bantu Wabup, tutup Mulyadi.

Kepala Jorong Sungai Mangkirai beserta warga mengucapkan Terima Kasih Wakil Bupati Limapuluh Kota RKN yang telah bersedia mendengar keluhan warga dan langsung memberikan bantuan yang sangat berarti bagi warga Jorong Sungai Mangkirai, padahal sebelumnya Keluhan Warga Sungai Mangkirai sering dianggap hanya angin lalu saja bagi para pengambil kebijakan sebelumnya.