Nagari Harau “Barolek Godang,” Syukriandi: Harau Akan Menjadi Daerah Tujuan Wisata, Jika…

Cmczone.com- Nagari Harau dalam ranah adat merupakan salah satu Nagari dalam Kelarasan Bungo Setangkai, disamping Nagari Tarantang, Solok bio-bio dan Sarilamak tentunya.

Nagari Harau juga merupakan 1 dari 70 Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota yang menggelar Pilwana serentak pada 25 Mei 2022 yang lalu.

Syukriandi S.H.I yang notabene Incumbent kembali menjadi pengumpul suara terbanyak dari Cawana yang lainnya, hampir 70% suara sah.

Dengan demikian Syukriandi S.H.I akan melanjutkan estafet kepemimpinannya 6 tahun Kedepan dan sudah dilantik oleh Bupati Limapuluh Kota pada 1 Juli 2022 yang lalu.

Selanjutnya Masyarakat Nagari mengadakan Syukuran atas terpilihnya kembali Syukriandi S.H.I yang dirayakan dengan meriah oleh segenap Anak Nagari Harau.

Baca Juga :   Berkunjung ke Lapas Kerobokan, Ketua Presidium FPII Tegaskan Komitmen Membangun Sinergitas

Berbagai kesenian daerah ditampilkan dalam acara syukuran tersebut, mulai dari Orgen tunggal, pembacaan puisi, tari selamat datang, tari piring dengan atraksi menginjak pecahan piring juga turut dipertontonkan, pokoknya meriah dan penampilannya berbasis kearifan lokal.

Sewaktu awak media berkesempatan hadir sekira pukul 14.00 Wib, beberapa tamu undangan terlihat Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo beserta rombongan, Susy Letrini, S.Pi, M.Si Sekretaris Dinas Pangan dan Wali Nagari Sarilamak Olly Wijaya juga hadir dengan rombongan beliau.

Dari Pagi hari informasinya juga dihadiri oleh Bupati Limapuluh Kota dan Anggota DPRD Sumbar Hj.Aida.

Wali Nagari Harau terpilih 2022-2028, Syukriandi S.H.I disela sela acara Syukuran kepada media mengatakan, Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi atas terlaksananya acara syukuran ini dan tentunya saya juga bersyukur atas kembali dipercaya oleh Masyarakat Nagari Harau untuk memimpin hingga 2028.

Baca Juga :   Dugaan Raja SPBU yang Melakukan Perusakan Lingkungan di Bukit Palano, Pemko hanya Beri Teguran ?

“Tantangan Kedepan tentu akan lebih berat. Salah satu Visi kami adalah Kalau sebelumnya Nagari Harau adalah Nagari Wisata, Kedepan kita akan berbenah untuk merubah mainset Nagari Harau menjadi NAGARI TEMPAT TUJUAN WISATA, dan itu segera tertuang dalam RPJM Nagari untuk 6 tahun kedepan.

Ada 3 spot Wisata utama yang akan segera kami benahi, yaitu : Ngalau seribu, Aia malanca, Sarasah muray, dan tentunya banyak lagi spot spot wisata lainnya yang ada di Nagari kami.

Untuk saat ini, hambatan kami untuk “menjual” keelokan Alam kami masih faktor klasik, yaitu : Sarana dan Prasana serta Sumber Daya manusianya. Nah, untuk menerobos hambatan tersebut kami di Nagari akan membangun kesepahaman dengan bermitra kepada semua pihak terutama dengan Pemerintah Daerah tingkat I dan II, lalu Investor.

Baca Juga :   Anggota Satgas TMMD Ucapkan Kata Pamit Kepada Masyarakat Nagari Talang Maur

Peluang memanfaatkan LPHN (Lembaga Pengelola Hutan Nagari) juga sudah kami laksanakan, selanjutnya tentu kami akan menjajaki peluang kerja sama dengan Pihak BKSDA dan Pengelola Hutan Lindung,” Terang Wali Nagari Harau Syukriandi S.H.I.

Nagari Harau secara Administratif masuk kedalam Wilayah Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota.

Dengan Sebagian wilayahnya masuk kedalam kawasan Wisata Lembah Harau, Nagari ini memang dikaruniai bentang alam yang indah dengan pemandangan alam yang eksotis.Jika terkelola dengan baik, bukan pepesan kosong bahwa Slogan Harau menuju dunia akan segera terwujud.

Tim