Kades Nanang Wiranto Dukung Program Program Unggulan Koperasi Mitra Tani Indragiri

cMczone.com – Melanjutkan program Koperasi Produsen Mitra Tani Indragiri, pengurus Koperasi silaturahmi ke kediaman kepala suku adat talang, yang berada di sungai Mahang, desa talang durian Cacar, pada Kamis (1/9/22).

Selain pengurus Koperasi, kepala desa Talang durian Cacar Nanag Wiranto, Ketua BPD Gawek, Ketua karang taruna Syarif, RT , RW beserta kadus juga turut hadir.

Kepala suku adat talang/patih Bapak M Yusup dan salah satu bathin suku adat talang pak Model, menyambut baik kedatangan pengurus Koperasi yang baru saja ada di desa Talang durian Cacar .

Ketua koperasi, sekaligus menjabat sebagai RT 19 yang ada di dusun 3,Bapak Neman Subandi, menyampaikan maksud dan tujuannya mensosialisasikan  progam koperasi yang sudah di bahas kemaren 31 Agustus 2022 di kantor Koperasi bersamastaf lainnya.

Baca Juga :   Spontan...!! H.Saipudin, Ketua DPC Partai Demokrat Tanjabtim Turun Gunung Sebagai Wujud Nyata Ikut Melestarikan Tradisi Tahunan

“Bahwa kita sekarang ini, melalui koperasi, agar bersama sama ikut mendukung kegiatan pertanian (sayur sayuran,jagung pakan, kacang Tanah,padi darat,dll) dan perkebunan (pinang) dan tani , kalau kita mau hitung hasil, ternya hasil nya itu lebih dari sawit”.ujar Ketua koperasi.

Bathin adat talang Pak Model, menyambut dengan senang hati, karena memang ternyata hasil dari sawit ini gak tentu arah, harga pun sesuka suka hati, pupuk yang begitu mahal. “saya setuju dengan program program itu semua”ujar Pak Bathin.

Pak bathin juga, menyampaikan Kalau dalam waktu dekat ini, di dusun kita ada acara adat talang  NUGAL BASALANG, menanam padi darat secara adat talang, memohon sekiranya pengurus Koperasi dapat membantu yang patut pada saat acara tersebut lumayan banyak orang dan ramai, “sembari senyum menyampaikan kalau bisa di undang bapak bapak anggota dewan, mana tau beliau bisa hadir juga”ujar Bathin Model.

Baca Juga :   Kabid.Sapras Dinas Perhubungan Limapuluh Kota Menjawab Tudingan Penggunaan Rekening Ganda Dan Retribusi Kendaraan Bermotor Yang Nol

Di pertemuan ini, Kades  Nanag Wiranto, sekaligus menyampaikan himbauan kepada seluruh masyarakat desa talang durian Cacar ,agar mengurus kebun/lahan nya, yang berada di dalam status kawasan. “Mengenai pelepasan, saya berharap koperasi produsen mitra Tani indragiri yang sudah ada ini, bisa menjembatani apa apa yang di butuhkan oleh masyarakat, setelah selesai di koperasi, saya dan pak patih (tokoh adat) akan merekomendasikannya, ikuti aturan serta himbauan Pemerintah, untuk kebaikan bersama serta untuk kemajuan Desa.”ujar Kades Nanang bersemangat.

Mengenai program koperasi, saya akan menyetujuinya, SWASEMBADA PANGAN itu begitu saya inginkan dan hal ini selaras dengan program Pemerintah Pusat serta sangat di dukung Oleh Presiden, saya akan data lahan yang tertidur/diam tak terpakai, kita jadikan sesuai program koperasi, dan ini bisa  jangka panjang. kita akan data dan mengevaluasi nya. berapa luasan selagi ada lahan itu saya izin kan, Karen hal tersebut akan berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan Masyarakat,  RT, RW, Kadus juga harus membantu” ungkap Kades Nanang Wiranto.