Komisi IV DPR-RI Tinjau Lahan Eks Tambang Bauksit di Kampung Gisi…

cMczone.com – Komisi IV DPR-RI dan rombongan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Kunker tersebut dalam rangka Spesifik Masa Sidang I Tahun 2022-2023.

Rombongan pun disambut langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bintan Roby Kurniawan, di lokasi ex penambangan bauksit dalam kawasan hutan site PT. Cahaya Tauhid Alam Bestari, Kampung Gisi, Jalan Lintas Barat, Nomor 24, Desa Tembeling, Kecamatan Teluk bintan, Kamis, 15 September 2022.

Kunker Komisi IV DPR-RI kali ini bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi reklamasi yang dilakukan.

Kabupaten Bintan sebagai daerah yang memiliki tambang bauksit tentu memiliki banyak dampak yang terjadi, khususnya lagi dampak lingkungan.

Baca Juga :   Pengukuhan 54 Ketua RT/RW Desa Balai Makam Duri.

Dalam kunjungan tersebut Roby merasa gembira, di mana dengan kunjungan kerja terkait permasalahan ex tambang yang terjadi dapat dibantu untuk disampaikan kepada Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Tadi disampaikan anggota Komisi IV DPR-RI, bahwa mereka akan menyampaikan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dan untuk masyarakat, kita juga berpesan bilamana melihat indikasi pertambangan ilegal, masyarakat jangan sungkan atau takut untuk menyampaikan ke pemerintah atau pihak terkait, segera laporkan,” ujar Roby.

Hasil akhir dari kunker ini diharapkan setiap lokasi yang dulunya menjadi lahan pertambangan bisa dipugar kembali atau dimanfaatkan menjadi sesuatu hal yang lebih memberi maslahat.

Roby berharap agar seluruh masyarakat bisa bersama-sama mendukung dan mengawasi Kabupaten Bintan tercinta ini.

Baca Juga :   Serahkan Satu Ekor Hewan Kurban Di Desa Kuapan, Azis Zainal : Qurban Merupakan Kewajiban Bagi Setiap Muslim Yang Mampu.

“Masyarakat adalah satu satu mata pemerintah. Bersama kita awasi, kita jaga semua kekayaan alam yang ada. Ini kekayaan kita dan kita manfaatkan dengan cara yang benar, dengan azas kelestarian,” ujar Roby.

Kunker anggota komisi IV berjumlah 20 orang, yang terdiri dari Sudin selaku Ketua Tim dari Fraksi PDIP, Rusdi Masse Mappasesu dari Fraksi Nasdem, serta beberapa fraksi lainnya.

Editor: Budi Adriansyah