Women  

Hari Jadi Kepri Ke-20: Dekranasda Gelar DekraFest…

cMczone.com – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Dewi Kumalasari, resmi membuka kegiatan Dekranasda Festival (DekraFest) Tahun 2022 di Bintan Expo, Kota Tanjungpinang, Kamis, 22 September 2022. Kegiatan DekraFest ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-20 Provinsi Kepri.

Dalam sambutannya Dewi mengatakan, setelah lebih kurang 2 tahun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri membatasi berbagai kegiatan keramaian akibat Pandemi Covid-19, maka tahun ini dapat kembali merayakan Hari Jadi Provinsi Kepri ke-20 dengan berbagai rangkaian acara, salah satunya dengan DekraFest.

“Dengan DekraFest ini, semoga bisa membangkitkan kembali ekonomi Provinsi Kepri  yang sempat lesu akibat Pandemi Covid-19. Hal ini sejalan dengan slogan Hari Jadi Kepri tahun ini yaitu Ekonomi Pulih, Kepri Sejahtera,” kata Dewi.

Baca Juga :   TP-PKK-Dinas P3AP2KB Kepri Gelar Pelatihan PATBM...

Dewi  juga mengatakan, jika dalam rangka Hari Jadi Provinsi Kepri ke-20 ini Dekranasda Kepri ikut berpartisipasi dengan melaksanakan kegiatan DekraFest Tahun 2022 yang melibatkan berbagai stakeholder di bidang pengembangan kerajinan daerah, khususnya kerajinan Wastra dan para pelaku industri kecil dan menengah.

“Ini adalah satu bentuk upaya dalam mendukung sektor kerajinan dan IKM untuk dapat terus memberikan kontribusi yang positif bagi perekonomian Kepri,” imbuh Dewi.

Terakhir, Dewi menjelaskan, bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan DekraFest ini sebagai wadah bagi para pengrajin dan pelaku IKM untuk terus berkreasi dan berkarya serta sebagai ajang bertemu bagi para pengrajin dengan pasar dan buyer potensial yang para pelaku IKM harapkan.

Baca Juga :   Upaya Percepatan Penurunan Stunting di Kepri, Dewi Kumalasari Pimpin Rakor TPPS...

“Melalui kegiatan ini, juga diharapkan dapat menjadi ajang bertemunya para pelaku usaha kita. Selain itu, kegiatan DekraFest ini juga sebagai wahana edukasi dan fasilitasi bagi para pengrajin, pelaku IKM, pemerintah, pihak Perbankan dan pihak swasta,” tutur Dewi.

Kegiatan DekraFest ini diisi berbagai rangkaian kegiatan, yaitu diawali dengan Pembukaan, Showcasing, Business matching, Talk show, dan ditutup dengan Fashion Show.

Juga Dekranasda Provinsi Kepri melaunching Website Dekranasda Provinsi Kepri dan Launching aplikasi Gema E-Kraft yang merupakan aplikasi market place yang dibangun untuk pelaku Ekonomi Kreatif yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kepri.

Editor: Budi Adriansyah