Berita  

Terkait Program Jagung, Wabup Limapuluh Kota Saksikan Penanda Tanganan MoU Bank Mandiri dan Wali Nagari Batu Balang

Cmczone.com- Dukungan Bank konvensional terus mengalir untuk Program Swasembada Jagung Pakan yang digagas oleh Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri dan CV. Ikhwan Prima sebagai penyedia Saprodi (Sarana Produksi) Pertanian seperti: benih, pupuk dan Obat obatan tanaman, yang dikucurkan bukan dalam bentuk tunai.

Setelah sebelumnya dukungan bantuan modal dari Bank BRI, yang terbaru Bank Mandiri pun bersedia mengambil peran di segmen ini.

Selanjutnya MoU (Master Of Understanding) tentang kesepahaman kerjasama bantuan permodalan untuk petani jagung Pakan dalam Kelompok Tani (KT) Pioneer Batu Balang dan Bank Mandiri pun ditanda tangani oleh Wali Nagari Batu Balang, Dasril Syofiadi dan Anggota Kelompok Tani Pioneer.

Baca Juga :   Harau Viral, Bupati Bersafari!!!

Penanda tanganan MoU disaksikan oleh Penyedia Saprodi Hardedi dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, RKN.

20 Anggota Kelompok Tani Pioneer tersebut nantinya akan menerima kucuran bantuan dari Bank Mandiri senilai 18 juta rupiah per Hektar Lahan.

Rincian bantuan yang disepakati tersebut tidak semuanya diterima secara tunai, Hanya Rp 7 juta diterima tunai oleh masing masing Anggota Kelompok, sementara yang Rp 7 Juta lagi untuk Saprodi dan sisanya yang Rp 4 juta akan menjadi Jaminan Angsuran di Bank selama 6 bulan.

Wakil Bupati Limapuluh Kota, RKN dalam sambutannya mengatakan,

“Limapuluh Kota sebagai sentra ayam petelur di Sumatera Barat, untuk saat ini belum bisa memenuhi kebutuhan Pakan utama Ayam petelur, yakni jagung. Sehingga potensi pangsa pasar Jagung Pakan tentu sangat menarik. Jadi kami dipemerintahan akan mendukung penuh Program ini, walaupun skemanya bisnis, tapi dengan kemudahan persyaratan bantuan Permodalan dari Pihak Bank akan sangat membantu dalam menggerakkan pertanian dan UMKM di Limapuluh Kota,” ungkapnya.

Baca Juga :   Diduga Cemarkan Nama Baik, Supplier Seafood Mukhlis Malang di Laporkan Ke Polisi

Wali Nagari Batu Balang Dasril Syofiadi juga berperan aktif dalam memuluskan penanda tangganan MoU,

“Kami akan membantu Bank Mandiri untuk menyeleksi Penerima bantuan modal, Jaminan kami sebagai pemerintahan Nagari adalah Kami rekomendasikan Anggota Kelompok yang “aman” dan memang mereka adalah Petani jagung yang memilik lahan untuk ditanami,” imbuhnya.

Penanda tanganan Naskah atau MOU Nagari Mandiri Pangan antara Wali Nagari Batu Balang dan Anggota Kelompok Pioneer dengan pihak Bank Mandiri disaksikan oleh Wabup Lima Puluh Kota dan Hardedi dari CV. IKHWAN PRIMA selaku Off Taker dan distributor Pupuk Indonesia yang menfasilitasi kegiatan ini.

Semoga program :Membangun Nagari Mandiri Pangan” ini dapat menjawab kesulitan petani dalam permodalan dan ketersediaan Saprodi serta mewujudkan Lima Puluh Kota berswasembada jagung dalam waktu dekat,” Harap Hardedi.