Wakil Bupati Limapuluh Kota RKN Kunjungi Dinas Peternakan, Ini Yang Dibahas

Cmczone.com- Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) berkunjung ke Dinas Peternakan yang (masih) berkantor dikawasan Ibuah Kota Payakumbuh, Selasa 11 Oktober 2022.

Dalam kunjungan tersebut RKN juga menanyakan Program yang sedang dikerjakan Dinas serta melakukan Evaluasi atas pencapaiannya yang sudah tertuang dalam RPJMD 2021-2026, Khususnya peningkatan populasi sapi, dalam hal ini Wabup diterima oleh Kepala Dinas Peternakan, drh.Devi Kusmira.

“Kedatangan kami ke kantor Dinas Peternakan adalah dalam rangka silaturahim sekaligus untuk berdiskusi tentang capaian RPJMD, khususnya tentang target peningkatan populasi sapi. Kita merencanakan populasi sapi di Limapuluh Kota terus bertambah dari 45.000 ekor hingga 100.000 ekor dalam 5 tahun program. Artinya ada peningkatan 12.000 ekor per tahun.

Dari diskusi kami itu, Uni Kadis (Devi Kusmira) menyampaikan bahwa populasi sapi bertambah 3.000 ekor pada tahun 2021, dan diperkirakan bertambah dengan jumlah yang sama pada tahun ini,” Ungkap Wabup RKN.

Baca Juga :   Proyek Penahan Tebing di Tebo Bergentayangan

Selanjutnya, Dalam pertemuan itu disampaikan Wabup RKN kepada kadis dan jajaran agar segera mencari solusi lain diluar APBD Kabupaten dan Provinsi agar realisasi program dapat lebih ditingkatkan. Usaha jemput program ke Kementrian perlu mendapat perhatian khusus, dan yang teramat penting adalah bagaimana melibatkan swasta untuk membuka diri tentang program investasi.

Wabup juga memberi Instruksi untuk membuat bagan analisa usaha, yang sumbernya berasal dari pelaku usaha. Selanjutnya semua pejabat kita arahkan untuk presentasi kepada Swasta, baik yang didalam daerah, khususnya Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

“Ketika mereka berhasil dan mendatangkan keuntungan baru kita lanjutkan usaha mendatangkan investasi ini melalui perantau-perantau hebat di berbagai kota dan negara. Kami yakin membangun daerah dengan investasi swasta akan lebih cepat. Hasilnya lebih terukur dan pasti. Biarlah APBD menjadi stimulus saja, seperti 3000 ekor pertambahan populasi sapi dari APBD 202,” pungkas RKN.

Baca Juga :   LSM Ajar dan Lidik Kasus Apresiasi Kejari Payakumbuh Atas Penahanan Kepala Dinas Kesehatan Kasus Dugaan Korupsi Dana Covid-19

Di kesempatan terpisah, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan hewan Kabupaten Limapuluh Kota, drh.Devi Kusmira dalam keterangannya mengatakan, kami akan mendengar dan akan memperhatikan Evaluasi dan Instruksi dari Pak Wabup (RKN), mudah mudahan Program program yang sedang dan akan kami luncurkan bisa terealisasi secara maksimal, sehingga Populasi Sapi kita bisa meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun.

“Disamping itu, kami juga akan membuat Program yang menguntungkan sehingga bisa kami manjadi daya tarik bagi investor, sehingga Kedepan bisa dibangun simbiosis antara Investor, peternak dan pemerintah,” tukuknya.

Dalam kesempatan tersebut Wabup juga menyerahkan bantuan untuk Rumah Pakan yang anggarannya bersumber dari DAK (Dana Alokasi Khusus).

Baca Juga :   Tugu Prasasti Sejarah Menandai Pernah Bergulirnya TMMD Ke 111 Kodim 0420/Sarko Di Bukit Beringin

Ada 2 Kelompok Tani yang menerima bantuan, yakni:
Kelompok Tani Bunga Padi, Nagari Sei.Beringin dengan Ketuanya Ibuk Kasmira, selanjutnya ada Kelompok Tani Namang Permai, Jorong Tabek Panjang Nagari Koto Baru Simalanggang, dengan Ketuanya Dasri.A.

Masing masing kelompok mendapatkan,
-1 Unit Rumah Pakan,
-1 unit Bentor Merk Viar 3 roda 300 CC, -Hammer Mill Kohpad seri KOHPAD HGM 300 SS merk Kubota,
-MIXER KOHPAD MM 200 SS, merk Kubota,
-Pelletizer,
-dll.

drh.Devi Menambahkan, semoga dengan tersedianya rumah pakan yang siap berproduksi, diharapkan bisa menghasilkan pakan murah bagi Peternak Ayam Lokal (Kampung), sehingga Produktifitas dan keuntungan bisa meningkat.

Penulis : Soe-crie
Editor : Riki Hidayat