Berita  

Ketua HPDKI Sumbar H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo Jajaki Kerjasama Dengan IPB University Bogor

Cmczone.com– Ketua HPDKI (Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia) H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo Spt (Dt.bijo) mendapat kunjungan Tim IPB University Bogor dalam rangka menjajaki kerjasama dalam bidang Pengembangan Peternakan domba dan kambing di Sumatera Barat, Sabtu 22 Oktober 2022.

Dt.Bijo didampingi oleh Dewan Penasehat HPDKI Sumbar Jamil Baridjambek menyambut kedatangan rombongan dari IPB tersebut di Sekretariat HPDKI di kawasan Jorong Boncah Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar.

Rombongan IPB Bogor yg di pimpin oleh Wakil Rektor bidang Inovasi dan Bisnis Prof. DR. Ir. Erika Budiarti Laconi, MS dg sejumlah jajaran antara Lain : Dekan, Fakultas peternakan IPB dan Peneliti yang berjumlah 18 orang ahli di bidang ternak.

Baca Juga :   RKN Berbagi Berkah di 2 Nagari, Solok Bio-Bio dan Tarantang

Ketua HPDKI Sumbar H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo dalam keteranganya mengatakan,
Dalam Pertamuan dengan IPB University kami berharap ada tranfer ilmu dari ahli ahli IPB terutam dalam kerjasama pengembangan ternak domba dan kambing, seperti :urine yang bisa dimanfaat pupuk organik cair (POC).
Pemanfaat kotorannya untuk pengembangan ternak Margot (ulat untuk pakan ikan) dan pupuk organik.
selanjutnya tentang Ransum dan Pakan ternak domba dan kambing dalam bentuk fermnentasi” ungkapnya.

“Ini baru awal dari penjajakan kerjasama, Kedepan IPB University Bogor bersedia untuk mengutus tim tim ahli dalam rangka menindak lanjuti kerja sama yang berkesinambungan” tukuknya.

“Kerjasama kerjasama dengan berbagai pihak akan selalu relevan kami lakukan untuk meningkatkan Kualitas dan Kuantitas ternak Domba dan Kambing di Sumatera Barat”pungkasnya.

Baca Juga :   Parah....!! Sebagai Perangkat Desa Tambang Baru Diduga Jadi Cukong PETI

Populasi ternak Kambing sebesar ± 250,000 ekor, sedangkan Domba hanya sekira 5 ribuan ekor se Sumatera Barat ditahun 2021.

Adapun Target HPDKI Sumbar berharap kerjasama dengan IPB University bisa meningkatkan Populasi hingga 15 % untuk Kambing dan 25 % untuk Domba ditahun berikutnya.