LiveNews

Hafizha Rahmadhani Minta Orang Tua Antisipasi Ketergantungan Anak Terhadap Gadget..

cMczone.com – Gebyar Bulan Bahasa dan Sastra Tahun 2022 digelar dengan tema ‘Budaya Literasi di Era Milenial’, di Gedung Nasional, Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Ahad, 30 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut, dihadiri langsung oleh Bunda Literasi Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Dewi Kumalasari dan Bunda Literasi Kabupaten Bintan Hafizha Rahmadhani. Kegiatan ini juga menyajikan Talk Show Literasi.

Saat Talk Show berlangsung, Hafizha sempat menjabarkan fenomena saat ini terkait ketergantungan anak terhadap gadget. Menurut Hafizha, hal ini perlu diantisipasi sejak dini oleh orang tua yang seringkali menganggap remeh soal gadget.

“Anak-anak kita bahkan lebih akrab dengan gadget-nya ketimbang dengan kita selaku orang tua. Di sini peran kita dituntut bu? kita yang harus jadi teladan bagi mereka,” pinta Hafizha.

Fakta yang disampaikan oleh Hafizha, bahwa salah satu hasil survei menunjukkan minat baca masyarakat Indonesia berada di bawah satu persen.

“Dari seribu orang, hanya satu orang saja yang memiliki semangat membaca,” ungkap Hafizha. Hal ini bagi Hafizha harus dipaksa dan terus dibiasakan.

Hafizha pun turut membagikan tips terkait hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan minat baca pada anak.

“Semua harus dimulai dari rumah, tidak bisa sepenuhnya diserahkan kepada sekolah, apalagi lingkungan bermainnya,” kata Hafizha.

“Dari rumah harus dimulai. Bisa kita bacakan cerita-cerita, kita ajak membaca bersama. Semua harus dipaksa dan dibiasakan dulu,” tambah Hafizha

Sebagai informasi, Gebyar Bulan Bahasa dan Sastra ini merupakan puncak dari beberapa perlombaan, baik tingkat TK, SD, SMP hingga SMA.

Sedangkan kegiatannya diisi dengan lomba mewarnai, membaca puisi, membaca Gurindam, mendongeng dan kreasi barang bekas.

Editor: Budi Adriansyah

Exit mobile version