Sorgum Jadi Andalan pada Lomba Cipta Menu B2SA di Bintan…

cMczone.com – Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) yang menjadi salah satu inovasi TP-PKK Kabupaten Bintan kembali dilaksanakan. Kali ini seluruh PKK Kecamatan yang ada di Kabupaten Bintan mengikuti lomba cipta menu berbasis pangan lokal, Rabu, 16 November 2022.

Dihadiri langsung oleh Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Dewi Kumalasari dan Ketua TP-PKK Kabupaten Bintan Hafizha Rahmadhani, Lomba Cipta Menu ini diikuti oleh 9 Kecamatan.

Dalam sambutannya, Dewi menyampaikan apresiasi atas semua kreatifitas kader TP-PKK Kabupaten Bintan dalam menciptakan sajian yang bergizi dan seimbang.

Dalam Lombok Cipta Menu ini, Sorgum menjadi salah satu bahan andalan yang ditampilkan. Sorgum sendiri bahkan ditargetkan sebagai salah satu komoditi andalan Kabupaten Bintan sebagai pengganti bahan pokok beras dan lainnya.

Baca Juga :   Menkes Canangkan BIAN 2022 di Kepri, Ansar Ahmad: Jadikan Upaya Perluas Cakupan Imunisasi

Hafizha, yang semenjak awal sangat fokus pada pola makan, khususnya pada anak, pun terlihat menyambangi satu demi satu stand perlombaan untuk memastikan paduan bahan serta nilai gizi yang dihasilkan.

“Ide dalam mengembangkan menu makanan sangat luar biasa,” kata Hafizha.

“Luar biasa, tadi kita lihat semuanya memang sangat membanggakan. Kader PKK mampu mengembangkan imajinasinya untuk memberi sentuhan pada menunya masing-masing. Temanya kan bahan lokal, jadi memang sangat selaras dengan wilayah kita,” ujar Hafizha.

Hafziha kemudian meminta panitia untuk segera membukukan semua menu baru beserta resepnya untuk disosialisasikan kepada masyarakat tentang beberapa varian makanan sehat bergizi serta berimbang.

Pada Lomba Cipta Menu B2SA kali ini, Kecamatan Teluk Sebong keluar sebagai pemenang pertama, disusul oleh Kecamatan Bintan Pesisir kemudian Kecamatan Bintan Utara di posisi ketiga.

Baca Juga :   Melalui Vicon, Ansar Ahmad Ikuti Arahan Kapolri Terkait Vaksinasi & Nataru

Untuk Harapan satu dan seterusnya berurutan dari Kecamatan Gunung Kijang, Kecamatan Bintan Timur dan Kecamatan Mantang.

Editor: Budi Adriansyah