LiveNews

Bersumber dari APBN, UPTD-BLK Payakumbuh Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi di Gedung Workshop

Bersumber dari APBN, UPTD-BLK Payakumbuh Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi di Gedung Workshop

Cmczone.com – Pelatihan Berbasis Kompetensi digelar di dua Workshop UPTD-BLK Payakumbuh sejak tanggal 22 November 2022.

Pelatihan digelar setelah pembukaan di aula UPTD-BLK dibilangan Kelurahan Subarang Batuang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Senin 21 November 2022.

Dua pelatihan yang dimaksud adalah yang pertama pelatihan Jurusan T.I.K (Tekhnologi Informasi dan Komunikasi) dengan Program Practical Office Advance dengan jam pelajaran 240 JP, Instruktur yang ditunjuk adalah Debi Suryani, S.Kom.

Selanjutnya, yang kedua ada Pelatihan Asisten Pembuat Pakaian dengan Jam Pelajaran 200 JP, Instruktur Ricky Azhar, ST.

Masing masing program diikuti sebanyak 16 orang, total 32 orang peserta.

Awak media yang datang ke Workshop pelatihan menjahit, terlihat peserta sedang bersungguh sungguh dalam menerima arahan dari Instruktur, Ricky Azhar, ST.

“Selama 200 JP (Jam Pelajaran) kami dari UPTD-BLK akan mentransfer kompetensi kepada para peserta, adapun yang kami ajarkan berupa, teknik mengukur, ukuran dipindah ke pola, pola ke bahan/kain, menjahit plus obras, selanjutnya penyetrikaan, Packing,” ungkap Ricky Azhar, ST., yang memiliki Kompetensi tingkat Nasional.

Dua orang peserta, Dela asal Andaleh dan Mona asal Muaro Koto Nan Gadang terlihat antusias dalam mempraktekkan tekhnik mengukur dan menjahit.

“Kami merasa senang sekali bisa mengikuti pelatihan ini, selanjutnya kami berharap ilmu yang kami dapatkan bisa kami implementasikan di masa depan, seperti untuk membuka wira usaha terima jasa menjahit, dll,” riangnya.

Ketika bergeser ke Workshop T.I.K UPTD-BLK Payakumbuh, 16 orang peserta dan 1 orang Instruktur, Deby Suryani, S.Kom yang sedang serius melaksanakan Pelatihan Dasar Komputer Berbasis Kompetensi, selama 240 JP Instruktur akan mentransfer Kompetensi dasar dan lanjutan kepada 16 orang Peserta.

Deby Suryani, S.Kom menerangkan tentang Aplikasi pelatihan kepada peserta, “Kami mengajarkan bagaimana menggunakan Microsoft Office, seperti Word, Excel dan Power Point, yaitu tentang teknis penggunaan dasar dan lanjutannya.”

“Outputnya kami harapkan bahwa dengan kompetensi bidang TIK (Tekhnologi Informasi dan Komunikasi) yang kami ajarkan, bisa diterima di dunia kerja,” pungkasnya.

Dua orang peserta yang kami wawancara terlihat sumringah mengikuti pelatihan, Yogi Arianda asal Talang Koto Nan Ampek dan Jihan asal Situjuah dalam keterangan mengatakan, “Hari ini kami diajarkan tentang “Mail Meers” atau pembuatan surat secara massal lalu dikirim melalui email.”

Pelatihan pelatihan tersebut telah mengacu kepada Sisnaker (Sistem Ketenaga Kerjaan) yang telah terkoneksi secara Nasional di Kemnaker RI.

“Semua peserta pelatihan disamping mendapatakan Ilmu TIK, kami juga sudah memasukan nama akun masing masing peserta kedalam Aplikasi SIAP Kerja (Sistem Informasi dan Aplikasi Ketenaga Kerjaan), selanjutnya pasca pelatihan para peserta akan mendapatkan Sertifikat dari BLK,” ungkap Kasi Pelatihan UPTD-BLK Payakumbuh, Mus Bahrul, S.Pd.

“Didalam Aplikasi SIAP Kerja, para peserta sudah bisa mencari pekerjaan melalui Aplikasi tersebut, harapan kami kepada semua peserta yang lulus pelatihan, agar bisa melakukan lamaran kerja secara online. Karena didalam Aplikasi sudah terintegrasi dengan Perusahaan perusahaan Secara Nasional,” Tambah Kasi Pelatihan UPTD-BLK Payakumbuh.

Kepala Disnaker-Trans (Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi) Provinsi Sumatera Barat dalam keterangannya, melalui Kepala UPTD-BLK Payakumbuh Satri Edi, S.Sos sebagai pelaksana kegiatan.

“Kegiatan ini terlaksana bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) TA 2022, selanjutnya pelaksana tekhnis kegiatan adalah UPTD-BLK Payakumbuh,” ucapnya.

Ditambahkan Satri Edi, S.Sos selaku Kepala UPTD-BLK Payakumbuh, dalam pelatihan ini nantinya kami dari UPTD-BLK Payakumbuh melalui Instruktur Instruktur akan mentransfer Ilmu kepada para peserta dan kami berharap supaya ilmu yang diajarkan bisa diserap dengan baik.

“Pelatihan ini sejalan dengan Progul (Program Unggulan) Sumatera Barat, yaitu dalam rangka menciptakan 100 ribu Enterpreneur baru. Terakhir kami mengucapkan selamat kepada para peserta pelatihan terpilih, mudah mudahan 2 pelatihan ini bisa diserap semaksimal mungkin, sehingga bisa menciptakan usaha baru dan peluang usaha baru bagi para pencari kerja,” Tutup Kepala BLK Payakumbuh.

Red/Tim

Exit mobile version