H.M Syafril Huda (PPP) Memberikan Bantuan Pelatihan di Nagari Manggopoh Lubuak Basuang

Cmczone.com- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Payakumbuh melaksanakan kegiatan Pelatihan Menjahit Berbasis Kompetensi di Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuak Basuang , Kabupaten Agam, 29 November 2022.

Pelatihan yang diikuti sebanyak 16 orang peserta selama 280 Jam Pelajaran (JP) dimulai pada 10 November hingga 14 Desember 2022.

“Dalam pelatihan ini, kita akan mengajarkan K3, Pengukuran, Memotong Kain Sesuai Pola, Menjahit Dengan Alat Jahit Mesin, Menjahit Dengan Alat Jahit Tangan, Pengepresan, Memelihara Alat Jahit Dan Pemasaran,” Ucap Annisa S.Pd selaku Instruktur pelaksana kegiatan via Whatsappnya.

“Pelatihan menjahit ini merupakan aspirasi masyarakat di Dapil Bukittinggi Agam yang diserap melalui reses 2021, Alhamdulillah tahun ini 2022 bisa dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat.”  Ungkap H.M Syafril Huda dari Fraksi PPP.

Baca Juga :   Babinsa Alwan Monitoring Agenda Swab Massal di Pelabuhan

Kami sebagai Perwakilan masyarakat di DPRD Sumatera barat akan selalu menerima aspirasi dari konstituen dan akan berusaha untuk mengimplementasikannya melalui mekanisme Pokir dan sumber sumber APBD lainnya, sepanjang itu layak untuk kita perjuangkan,” Imbuh beliau.

Tentang Pelatihan menjahit ini kami pilih, karena pelatihan menjahit ini merupakan salah satu bidang pembinaan bagi masyarakat khususnya kaum ibu untuk bisa mempunyai kompetensi yang dapat digunakan sebagai sumber pendapatan disaat Inflasi melanda perekonomian kita, kata Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat 2 Periode tersebut.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat, melalui UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Payakumbuh Satri Edi, S.Sos selaku pelaksana Kegiatan menuturkan.

Baca Juga :   Tugu Prasasti Sejarah Menandai Pernah Bergulirnya TMMD Ke 111 Kodim 0420/Sarko Di Bukit Beringin

“Pelatihan ini bertujuan untuk Pembinaan Kelompok masyarakat yang pasive income dalam rantai ekonomi, khususnya Perempuan dan tidak menutup pesertanya laki laki juga” ujarnya.

Selanjutnya Satri Edi Menambahkan,
“Program program di Disnaker juga harus selaras dengan Visi misi Gubernur Sumatera Barat, yaitu : Bangkit Lebih Kuat, Menuju Sumatera Barat yang Madani, Unggul dan Berkelanjutan” imbuhnya.

Disamping itu Kepala UPTD BLK Payakumbuh, Satri Edi S.Sos bahwa Pelatihan ini masuk kedalam Program Unggulan Provinsi Sumatera Barat, yakni menciptakan 100 Ribu Enterpreneur baru.

Ditambahkan Satri Edi, S.Sos, kegiatan ini terlaksana bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Barat TA 2022 melalui skema Pokok Pokok Pikiran (POKIR) Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Fraksi PPP H.M Syafril Huda yang dititip di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat.” Beber Kepala UPTD BLK Payakumbuh.

Baca Juga :   LSP Pers Indonesia Buka Pendaftaran SKW dan UKW

Terakhir, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat melalui Kepala UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Payakumbuh Satri Edi, S.Sos, mengucapkan Selamat kepada para peserta pelatihan terpilih.

“Kami berpesan kepada para Peserta yang terpilih untuk bersungguh sungguh mengikuti pelatihan, sehingga melalui kesempatan ini Peserta bisa menerima Transfer Kompetensi dari Instruktur instruktur kami, Lalu Kompetensi yang diterima bisa diaplikasikan sebagai Pengungkit Ekonomi Keluarga, yang bisa juga nanti menciptakan UMKM UMKM baru kedepannya,” Tutupnya.

Red..