Berita  

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan INHU Gelontorkan Bantuan Handtraktor Terhadap Kelompok Tani

cMczone.com – Bertempat di kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Indragiri Ulu(lnhu), pengmbilan bantuan alat pertanian berupa Handtraktor capung sebanyak 1 unit untuk Desa Katipo Pura Kecamatan Peranap, Rabu (28/12/2022).

Bantuan berupa Alat Pertanian yang di Anggarkan melalui APBD kabupaten Inhu. Tahun Anggaran 2022, berupa Handtraktor. bantuan tersebut bertujuan untuk mengatasi permasalah yang kerap timbul dari penggunaan metode konvensional yang seluruh prosesnya masih mengandalkan tenaga manusia.

Handtraktor capung sebagai salah satu bentuk implementasi inovasi tekhnologi di bidang pertanian, dengan penerapan sistem pertanian modern. Para petani dapat menghemat tenaga dan mendapatkan hasil produksi yang lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.

Baca Juga :   Rakerda Perwanaliko 2022 Dibuka Sekda Limapuluh Kota

Adapun Kelompok Tani yang menerima bantuan Handtraktor capung dari Dinas Pertanian dan pangan yaitu dari desa Katipo Pura,Desa Batu Rijal,Desa Kelayang dan masih banyak lagi Desa yang menerima Bantuan Tersebut.

Sebelum penyerahan secara simbolis,kelompok Tani didampingi koordinator BPP, masing-masing wilayah diberikan pengarahan dari kepala Dinas pertanian Inhu Drs.Hernowo Budi luhur.SH.M.SI. selaku sub koordinator kelompok subtansi Produksi tanaman pangan.

“Kelompok diharapkan dapat memanfaatkan, menjaga dan merawat dengan baik bantuan traktor capung ini. selain itu, segala aktivitas yang berkaitan dengan Handtraktor baik melalui sistem sewa maupun di kelola sendiri, biaya operator traktor harus tercatat dan dibukukan”Ujar Hernowo Budi Luhur.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis oleh Sekretaris Dinas Pertanian Anita Natalia.spt ke masing-masing Kelompok Tani. Dengan adanya bantuan Handtraktor ini diharapkan dapat bermanfaat bagi Petani khususnya kelompok Tani pada umumnya, dan dapat meningkatkan produktivitas yang nantinya akan meningkatkan kesejahteraan Petani. (Red)