Hj. Yunisra Sahiran Gandeng Disnakertrans Buka Pelatihan Menjahit di Nagari Sungai Aua Pasaman Barat

Cmczone.com– Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Dapil IV (Pasaman-Pasaman Barat) Fraksi Partai Gerindra, Hj.Yunisra Sahiran, S.Pd dan Kadisnakertrans Provinsi Sumatera Barat, Ir. Nizam Ul Muluk M.Si, Buka Pelatihan menjahit di Nagari Sungai Aua, Kecamatan Sungai Aua, Kabupaten Pasaman Barat, Rabu 1 Februari 2023.

Program yang bertajuk Pelaksanaan Latihan Kerja Berdasarkan Klaster Kompetensi Kejuruan Garmen Apparel UPTD BLK Payakumbuh tahun 2023 bidang Menjahit Pakaian Dasar.

Pelatihan direncanakan selama 36 hari durasi 280 Jam Pelatihan (JP).

16 peserta pelatihan merupakan hasil seleksi dari banyaknya peserta dan lebih mengutamakan masih dalam usia produktif yang mayoritasnya perempuan.

Hj. Yunisra Sahiran, S.Pd, dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini merupakan aspirasi dari masyarakat yang kita serap melalui Reses tahun lalu.

Baca Juga :   Dalam Rangka Meningkatkan Kunjungan Wisata, H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo Gelar Festival Adat Sungai Dodok

“Melalui pelatihan ini kedepannya pasca pelatihan, ilmu yang didapatkan bisa di implementasikan dengan sebaik baiknya, baik secara perorangan atau berkelompok dengan membentuk komunitas komunitas,” tukuknya.

Hj.Yunisra meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pasaman Barat) ikut serta untuk memberikan peluang usaha kepada peserta pelatihan pasca lulus.

“Kami juga akan mengupayakan kerjasama dengan Pemkab Pasaman Barat di bidang jasa pembuatan pakaian seragam sekolah dan seragam pegawai misalnya, sehingga prospek pengembangan Women Enterpreneur yang di canangkan Gubernur Sumbar bisa dicapai,” pungkasnya.

Sambutan seirama juga hadir dari Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat, Ir. Nizam Ul muluk, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, sebagai Pelaksana Tekhnis Pelatihan adalah UPTD-BLK (Unit Pelaksana Teknis Dinas-Balai Latihan Kerja) Payakumbuh.

Baca Juga :   Tim Penilai Provinsi Sumbar Kunjungi Kelurahan NDB, Disambut Tari Barongsai, Silek, dan Carano

“UPTD-BLK Payakumbuh merupakan salah satu dari 2 Balai Latihan Kerja (BLK) yang berada dibawah Disnakertrans Provinsi Sumbar yang salah satu perannya sebagai motor penggerak dalam upaya menekan tingkat pengangguran  dengan mengintensifkan pelatihan kerja berbasis pada kompetensi berdasarkan kebutuhan pasar kerja (industri) dan wirausaha,” paparnya.

Kadisnaker-Trans berpesan kepada peserta pelatihan untuk dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius dan bersungguh-sungguh, sehingga Ilmu yang didapat selama pelatihan bisa untuk dikembangkan sehingga dapat bersaing dan sejalan dengan perkembangan Teknologi serta bermanfaat bagi kita semua baik secara pribadi maupun untuk di implementasikan dalam bentuk usaha produktif, sehingga bisa menjadi sumber Ekonomi Keluarga.

Kepala UPTD BLK Payakumbuh, Satri Edi, S.Sos yang hadir saat pembukaan, menunjuk Annisa, S.Pd sebagai Instruktur Pelatihan. Annisa S.Pd merupakan Instruktur berpengalaman dan Bersertifikasi Nasional.

Baca Juga :   H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo Serahkan 274 Pasang Seragam Sekolah Bagi Siswa Tidak Mampu

“Kami menempatkan salah satu Instruktur/pelatih terbaik kami (Annisa S.Pd) yang akan mengajarkan Tekhnik-Tekhnik dasar menjahit, seperti : membuat pola, memotong bahan, mengoperasikan mesin jahit, dst kepada peserta pelatihan hingga 36 hari Kedepan, mulai pelatihan kami jadwalkan hari Senin, 6 Februari 2023,” ujar Satri Edi, S.Sos kepada media ini.

Satri Edi juga mengatakan bahwa Program Pelatihan ini selaras dengan Progul (Program Unggulan) Provinsi Sumatera Barat, yakni menciptakan 100 ribu Enterpreneur muda dan 100 ribu Women Enterpreneur pemula.

Terpantau Camat Sungai Aua dan Wali Nagari Sungai Aua juga tampak hadir dalam pembukaan pelatihan yang dilakukan disalah satu rumah warga di Nagari Sungai Aua.

Soe-crie