Berita  

Nurkhalis Dt. Bijo Dirajo sosialisasikan Perda no 4 Th 2020

Cmczone.com- Sosialisasi Perda no 4 Th 2023 adalah PPLP2B yaitu penyelenggaraan perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan. Tujuan nya adalah untuk menyadarkan masyarakat betapa penting nya mempertahankan lahan pertanian pangan yg berkelanjutan ini untuk ketahanan pangan.

Seperti kita ketahui padi atau beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia, apalagi Sumatera barat yg makanan pokoknya adalah beras.

Saat ini luas lahan sawah di Sumbar 215.000 hektare dengan produksi tiap tahunnya itu rata-rata 1,4 juta ton. Tetapi lahan sawah terjadi penyusutan pada lima tahun terakhir, walau produksi padi di Sumbar saat ini belum turun secara signifikan tentu kita harus berhati hati dan waspada bagaimana produksi padi ini tidak turun.

Baca Juga :   Inovasi Pj Wako Lahirkan Warung Pemantauan Inflasi Pertama di Sumbar

Untuk itulah salah satu regulasi diperlukan untuk mempertahankan lahan pertanian ini jangan sampai dialih fungsikan sehingga luasan lahan sawah tetap bisa kita pertahankan.

Untuk itulah Nurkhalis Dt bijo dirajo yg merupakan anggota komisi II DPRD sumbar selaku tim pembahas Perda ini turun ke tengah tengah masyarakat untuk mensosialisasikan dan memberi pemahaman betapa pentingnya mempertahankan lahan pertanian pangan ini secara berkelanjutan agar anak Cucu kita nanti tetap bisa makan nasi tanpa harus didatangkan dari daerah lain ulas nurkhalis.

Kegiatan sosialisasi ini diadakan selama 2 hari pertama di kelurahan Tanjung Gadang tgl 17 Juli 2023 dan besoknya selasa tgl 18 Juli 2023 dilaksanakan di Kelurahan Tanjung Pauh Kec. Payakumbuh Barat kota Payakumbuh. Hadir antara lain tri Eva Sandora dari dinas pertanian Sumbar yg mendampingi anggota dprd tsb dalam melakukan sosialisasi. Dari kelurahan Tanjung gadang hadir sekretaris lurah buk Emi yg menyampaikan permohonan maaf Bapak lurah tidak bisa hadir karena ada kegiatan lain yg beliau hadiri.

Baca Juga :   E.W Dt.Simarajo dan Eko Wahyudi Salurkan BLD Musangking RKN di Nagari Manggilang

Pada hari kedua sosper tgl 18 Juli 2023 dilaksanakan di kelurahan Tanjung pauh dengan topik yg sama yaitu Perda PPLP2B.

Terlihat masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dari awal sampai akhir dan banyak pertanyaan dan usulan yg disampaikan kepada nara sumber serta kepada anggota DPRD Sumbar tsb.