Nagari Tarantang Limapuluh Kota Terima Bantuan Cadangan Pangan Dari Pemprov Sumbar 9,3 Ton

cMczone.com- Bantuan beras 9364,5 Kg (9,364 Ton) dari cadangan pangan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk Nagari Tarantang, Kec. Harau sudah diterima Pemerintahan Nagari.

9,3 Ton bantuan pangan untuk Nagari Tarantang merupakan bagian dari 47 ton bantuan pangan (beras) dari Pemprov Sumbar untuk membantu meringankan masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota terdampak banjir pada akhir 2023 yang lalu.

Beras bulog klas premium tersebut dibagi menjadi 2081 kantong, sama dengan jumlah jiwa yang terdata di Nagari Tarantang.

Tampak karung 50 Kg dibagi menjadi 11 kantong (4,5 kg) oleh Kader Posyandu, Pospindu, kader KB dan kader lansia secara bergotong royong tanpa pamrih, mereka tampak dikomandoi 2 Kepala Jorong (Tarantang dan Lubuak Limpato).

Baca Juga :   Berangkatkan Prajurit Muda, Dandim : Terimakasih Dedikasi Selama Di Kodim Sarko

Dapat informasikan kembali bahwa Nagari Tarantang merupakan salah satu Nagari di Kabupaten Limapuluh Kota yang paling terdampak banjir paling parah pada akhir Desember 2023 lalu.

Menurut Sekretaris Nagari Tarantang, Adi Putra dalam keterangannya mengatakan, warga kami (2081 jiwa) semuanya terdampak banjir, mulai dari rumah, lahan persawahan, kolam ikan dan sumber Ekonomi mereka lainnya.

“Untuk itulah makanya kami Pemerintahan Nagari Tarantang membagikan secara merata ke seluruh Anak Nagari,” tukuknya.

Senada dengan Sekretaris Nagari, Kepala Jorong Tarantang Idral Zulfadly dan Azimar Kepala Jorong Lubuak Limpato dalam paparannya menyampaikan, sebelumnya kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah begitu peduli kepada masyarakat kami yang sangat menderita atas bencana banjir yang melanda Nagari Kami, Kamis 11 Januari 2024.

Baca Juga :   Bunga Bangkai Mekar di Pekarangan Warga Lubuak Batingkok

“Pasca banjir di Nagari Tarantang yang mengakibatkan kerugian yang tidak terhitung telah membuat lumpuh perekonomian Masyarakat yang banyak bergantung kepada Pariwisata Lembah Harau,” Ujarnya.

Lanjutnya, dengan masifnya bantuan yang datang dari Pemkab Limapuluh Kota, komunitas-komunitas, LSM, pengusaha-pengusaha dan masyarakat lainnya sedikit banyaknya tentu membantu meringankan kesulitan yang tengah dihadapi masyarakat.

Dengan mengalirnya bantuan cadangan pangan (beras) dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat ke Nagari Tarantang Kecamatan Harau.

Seknag Adi Putra didampingi kepala jorong Tarantang dan kepala jorong Lubuak Limpato mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Barat beserta jajaran yang telah membantu meringankan beban masyarakat kami, mudah-mudahan bantuan dari Bapak Gubernur menjadi ladang amal diakhirat nanti.

Baca Juga :   HUT RI Ke-76 : Masyarakat Dihimbau Kibarkan Bendera Merah Putih Sebulan Penuh

Tim