Luar Biasa, UPTD BLK Payakumbuh Buka Secara Resmi 6 Pelatihan Berbasis Kompetensi

cMczone.com- UPTD BLK Payakumbuh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. Sumatera Barat menggelar 6 pelatihan berbasis kompetensi, Jumat 26 Januari 2024.

Program pelatihan berbasis kompetensi ini merupakan Program Nasional besutan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia melalui Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang yang bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat.

Pelatihan Berbasis Kompetensi atau disingkat dengan PBK merupakan pelatihan kerja yang diarahkan secara spesifik kepada peningkatan skill individu secara kolektif dengan sasaran pencapaian hasil/outcome/kemampuan peserta yang terukur.

Pengembangan Sumber Daya Manusia berbasis kompetensi perlu dilakukan agar dapat memberi hasil sesuai dengan tujuan dan sasaran organisasi/perusahaan dengan standar kinerja.

Baca Juga :   Partai Golkar Kota Bukittinggi Memanas, Dedi Chandra S.H, Proklamirkan Diri Sebagai Ketua

Adapun 6 Pelatihan tersebut sebagai berikut:

1. Pembuatan Roti dan Kue (140 JP)/20 hari

2. Practical Office Advance (260 JP)/32 hari

3. Plat Welder SMAW 3G-UP/PF (340 JP)/42 hari

4. Pembuatan Pakaian (180 JP)/24 hari

5.Telepon Seluler Perangkat keras (260 JP)/32 hari

6. Sepeda Motor Sistem Konvensional (280 JP)/35 hari

Setiap Bidang Pelatihan diikuti 16 Peserta, dengan jumlah seluruh Peserta Pelatihan 96 orang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera yang diwakili oleh
Kepala BLK Payakumbuh, H. Satri Edi, S.Sos Menyampaikan selamat kepada siswa yang berhasil melalui tahapan proses seleksi yang ketat ini yang dilaksanakan dalam 2 tahap (10 dan 17 Januari 2024). sehingga menghasilkan calon calon tenaga kerja yang handal dengan usia yang produktif, sehingga akan mampu menyerap dan lebih fokus dan serius dalam menyerap ilmu yang diberikan oleh para instruktur.

Baca Juga :   Nagari Situjuah Batua Adalah Nagari Terbaik Yang Penuh Inovasi Yang Dipimpin Oleh Wali Nagari Yang Low Profile

โ€œSedangkan pada akhir dari kegiatan pelatihan ini, sebagai bentuk pertanggung jawaban kami di Disnakertrans prov. Sumbar akan dievaluasi, dipertanyakan, sejauh mana BLK Disnakertrans Sumbar bisa menghasilkan & menciptakan Enterpreneur2 baru,” Ujarnya.

Ditambahkan Kepala BLK Payakumbuh kegiatan ini selaras dengan salah satu visi dan misi pemerintah prov Sumbar,โ€ dengan sasaran dapat mewujudnya Sumatera Barat madani yang unggul dan berkelanjutan, dapat meningkatkan SDM yang cerdas, sehat, beriman berkarakter & berkualitas, serta meningkatkan ekonomi masyarakat berbasis kerakyatan yang tangguh, produktif dan berdaya saing.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Limapuluh Kota, Ayu Mitria Fadri mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang mengikuti pelatihan dari Kabupaten Limapuluh Kota, kami berpesan kepada seluruh peserta pelatihan agar bersungguh-sungguh menerima transfer kompetensi dari Instruktur BLK Payakumbuh.

Baca Juga :   Anggota Satgas TMMD Anjangsana Silaturahmi ke Peternak Puyuh

“Kita di Kabupaten Limapuluh Kota menyambut baik Program Kemennaker RI yang dilaksanakan Disnakertrans Sumbar UPTD-BLK Payakumbuh ini bisa meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kerja kerja kita sehingga mereka bisa menjadi tenaga kerja siap pakai untuk dunia usaha dan bagi yang memutuskan berwirausaha maka kompetensi yang didapat bisa menjadi modal untuk membuka usaha,” Pungkasnya.