Taburan Prestasi Di 3 Tahun Kepemimpinan Safaruddin-Rizki

cmczone.com, Limapuluh Kota (Sumbar)–26 Februari 2024, tepat 3 tahun kepemimpinan Safaruddin Dt Bandaro Rajo dan Rizki Kurniawan Nakasri (SAFARI) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Berbagai keberhasilan dan prestasi berhasil dicatatkan oleh kedua pemimpin tersebut.

Setidaknya, niat tulus ke dua pemimpin ini memimpin Lima Puluh Kota selama tiga tahun belakang ditengah keterbatasan pandemi Covid-19, dengan mengusung visi mewujudkan Lima Puluh Kota Madani, Beradat dan Berbudaya, pasangan ini berhasil meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM).

Dari data yang berhasil dirangkum, IPM Lima Puluh Kota meningkat dari 70.82 pada tahun 2020 menjadi 72.05 pada tahun 2023. Hal ini membuktikan bahwa pasangan SAFARI mampu meningkatkan kesejateraan rakyatnya.

Jika, IPM Lima Puluh Kota terus merangkak naik ini akan berpengaruh signifikan dan positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Lima Puluh Kota di jangka pendek.

Hebatnya lagi, selain mampu meningkatkan IPM, pasangan Bupati Safarudin-Rizki juga berhasil menurunkan angka kemiskinan di kabupaten itu, hal ini juga membuat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lima Puluh Kota merangkak naik, dimana pada tahun 2020 lalu minus 1.1 naik menjadi 6.6 pada tahun 2023.

Baca Juga :   Kasatpol PP Bungo Dimintai Ketetangan di Polres, Kasus Oknum Pegasus yang Menghalangi Jurnalis

Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo saat silahturahmi dengan awak media di 3 tahun kepemimpinannya mengatakan, beberapa capain agenda prioritas yang dilakukannya diantaranya adalah pengembangan masyarakat madani seperti sektor sosial, pendidikan dasar, beasiswa siswa kurang mampu, bantuan tempat ibadah, serta jaminan kesehatan dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Di sektor sosial, telah diupayakan peningkatan pelayanan publik meliputi rehabilitasi sosial dan perlindungan Jaminan sosial di Lima Puluh Kota, dan membangun 89 unit rumah Tahfiz dari 69 Nagari,” sebutnya di Aula Kantor Bupati Bukik Limau, Sarilamak, Senin (2/2).

Kemudian peningkatan Pembangunan Ibu Kota Kabupaten (IKK) Sarilamak, seperti terbangunnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) di wilayah IKK dengan nama Taman Mahkota Berlian di tahun 2023 dan telah di rekontruksi jalan di kawasan IKK sepanjang 51.5 KM, serta pembangunan jalan baru sepanjang 7 KM dan jalur penghubung dengan membangun 5 unit jembatan di kawasan IKK.

Tidak hanya itu, kata Bupati pihaknya juga mengupayakan membangun jalan 2 lajur dengan panjang Enam

KM dengan lebar 8 meter, hal ini telah diakukan survey dan pemetaan pada 2022 lalu, dan tahun ini sudah ada dokumen perencanaannya.

Baca Juga :   Surat Guru SMAN 10 Medan Laporkan Oknum PKS ke Penegak Hukum Beredar, Isinya

Selanjutnya peningkatan disektor wisata telah dilakukan peningkatan di pengembangan Geopark Harau serta pembangunan Sarana Prasana Pariwisata di Lembah Harau. serta peningkatan ekonomi masyarakat dengan memberika pelatihan dan pemberian bantuan bagi IKM dan UMKM.

Sedangkan capain Agenda Perioritas di Bidang Pertanian dan perikanan menuju agribisnis telah dibuka luas lahan jagung sebanyak 3.839 ha dan potensi lahan perikanan yang sudah diamanfaatkan sebanyak 387,7 ha, serta meningkatkan populasi sapi menjadi 100.000 ekor dan melakukan peningkatan pembangunan infrastruktur daerah

“Dari beberapa capaian agenda perioritas tersebut, Pemkab Lima Puluh Kota telah berhasil memboyong 76 penghargaan tingkat Nasional, sebutnya.

Dari 76 penghargaan yang berhasil dicapai pasangan ini, paling tersohor yakni berhasilnya Kabupaten Lima Puluh Kota menciptakan sejarah, menjadi juara MTQ Nasional tingkat Provinsi Sumbar, serta penghargaan Best Leader Of The Year yang diaraih Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo.

Safaruddin juga berhasil meraih penghargaan tertinggi Dwija Praja Nugaha, dimana penghargaan ini satu satunya kepala daerah di Sumatera Barat (Sumbar) yang dianugerahi penghargaan tertinggi dari korps guru nasional yang diserahkan langsung Presiden Republik Indonesia.

“Penghargaan ini berkat dukungan semua pihak, mudah-mudahan menjadi motivasi untuk terus bergerak membangun Kabupaten Lima Puluh Kota yang lebih maju,” pungkasnya.

Baca Juga :   Alhamdulilah, Nadit Bocah 4 Tahun Tengelam Ditemukan

LUNCURKAN PORTAL SATU DATA

Pada momentum 3 Tahun Kepemimpinan Bupati Safaruddin juga dimanfaatkan dengan melaunching portal Satu Data Tingkat Kabupaten. Portal satu data ini merupakan program Diskominfo Lima Limapuluh sebagai solusi yang efektif dan

efisien dalam pencarian data yang dibutuhkan Masyarakat tanpa batas waktu dan tempat. Sekaligus merupakan bentuk transparansi dan akuntabilitas Pemkab Lima Puluh Kota dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Kepala Dinas Kominfo Lima Puluh Kota, Joni Amir menyebutkan, Portal Satu Data Kabupaten Lima Puluh Kota Ini merupakan informasi yang lengkap, aktual, valid dan akuntabel sehingga kebutuhan bagi instansi pemerintah dan kalangan dunia usaha, akademisi, dan seluruh pemangku kepentingan lainnya dapat dengan mudah dan praktis untuk mendapatkan dan memanfaatkan data.

Dikatakannya, informasi yang disediakan di Portal tersebut yakni berupa data sektoral yang berasal dari perangkat daerah di lingkup pemkab Lima Puluh Kota.

“Melalui portal tersedia data yang akurat, mutakhir dan terpadu serta mudah diakses. Selain itu juga mendorong keterbukaan dan transparansi data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan yang berbasis pada data,” katanya.

(**)