oleh

Menuju New Normal: Polres Tanjungpinang bersama Stakeholder Gelar Simulasi

Tanjungpinang, Kepri (cMczone.com) – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Tanjungpinang bersama TNI, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan Stakeholder menggelar simulasi pengamanan dan penerapan protokol kesehatan, dalam menyongsong “New Normal”. Simulasi ini berlangsung selama 2 hari, Jumat dan Sabtu (5 dan 6/6/2020).

Adapun simulasi dilaksanakan di 3 tempat, yaitu Pelabuhan Sri Bintan Pura, Mall Ramayana Jalan Wiratno dan Mall TCC Jalan Raya Dompak, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Untuk pelaksanaan simulasi di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, dipimpin oleh Kapolsek KKP, Kompol H. Zulkifli, yang turut dihadiri Sekda Provinsi Kepri, Dr. H. Tengku Said Arif Fadillah, MM, Wakil Ketua Gugus harian Covid-19 Provinsi Kepri, Ir. Lamidi, MM, Sekretaris Dishub Provinsi Kepri Junaidi, Kadiskominfo Provinsi Kepri Zulkifli, Kabid Kepelabuhan Provinsi Kepri Aziz Kasim, ST, KSOP Kelas II Tanjungpinang, Kasi Lalu Lintas Laut Samsul Sidik, Karantina Kesehatan Pelabuhan SBP dan GM. Pelindo. 1 Tanjungpinang Arif Perdana.

Baca Juga :   Selama Januari, Tujuh Kasus DBD di Meranti, Dua Tewas

Sementara pelaksanaan simulasi di Mall Ramayana Jalan Wiratno dipimpin Kapolsek Tanjungpinang Barat, AKP Indra Jaya dan pelaksanaan simulasi di Mall TCC Jalan Raya Dompak dipimpin Kapolsek Bukit Bestari, AKP Efendri Alie, MH.

Simulasi dimulai dengan briefing dilanjutkan dengan pemeriksaan kebersihan dan kesehatan personil pengamanan, penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, sarung tangan serta penyemprotan cairan disinfektan.

Pengamanan berlanjut dengan penjagaan tiap gerbang keluar masuk kawasan, memberikan himbauan dan penjelasan kepada setiap orang yang melewati gerbang dengan mensosialisasikan protokol kesehatan, mencuci tangan, penggunaan masker dan pemeriksaan suhu tubuh dengan mempergunakan Thermogun.

Simulasi pembatasan jumlah massa/orang/pengunjung juga dilakukan antisipasi kepadatan dan kerumunan dengan sistem buka tutup.

Baca Juga :   Desa Jebus Salurkan BLT DD Tahap Dua ke Warga yang Terdampak Covid 19

Simulasi juga disertai adegan penanganan orang yang tidak mempergunakan masker untuk selanjutnya diberikan nasehat dan memberikan masker untuk dipergunakan.

Kemudian simulasi apabila menemukan orang yang memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat celcius yang langsung ditangani oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Selain itu juga dilaksanakan simulasi di Pelabuhan Sri Payung KM 6 dan Pelabuhan Roro Dompak.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Muhammad Iqbal, SH, SIK, M.Si, menyampaikan bahwa dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam menyongsong New Normal, Polres Tanjungpinang akan bersinergi bersama TNI dan Stakeholder terkait dalam memberikan pengamanan dan pelayanan.

“Pelaksanaan simulasi sebagai langkah awal dalam menentukan cara bertindak dan bertugas di lapangan. Polres Tanjungpinang juga telah menyiapkan Personil untuk melaksanakan pengamanan di tempat-tempat yang telah ditentukan” ungkap Iqbal.

Baca Juga :   JOIN Kampar Soroti Dugaan Kasus Mesum di DPRD Kota Batam.

Pengamanan juga disertai himbauan protokol kesehatan, pembatasan jumlah massa dan hal lainnya terkait pembatasan ruang penyebaran atau penularan Virus Corona.

Editor: Budi Adriansyah | Sumber: hms Polres Tanjungpinang

Loading...

Komentar

Berita Lainnya