Wamendag Hadir di 50 Kota Atas Undangan Wabup : ” SRG Merupakan Solusi “.

  • Bagikan

Limapuluh Kota, (cmczone.com) – Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia Bapak DR. Jery Sambuaga berkunjung ke Kabupaten 50 Kota ( 20 – 21 Mei 2021 ) dalam rangka meninjau Sentra sentra ekonomi di daerah ini .

 

Kunjungan Wamendag RI ini merupakan undangan dari Pemkab 50 Kota c/q Wabup Rizki Kurniawan Nakasri yang berkunjung ke Kementrian Perdagangan beberapa waktu lalu di Jakarta.

 

Dalam sambutannya Wabup 50 Kota Rizki Kurniawan Nakasri ( RKN ) di Aula Rumah Dinas Bupati Kabupaten 50 Kota di bilangan Labuah Basilang Kota Payakumbuh , Kamis 20 Mei 2021 , menyampaikan : ” Terima kasih ‘ Uda ‘ Wamendag yang telah berkenan hadir di daerah kami , mudah mudahan kehadiran Uda bisa membantu kami di daerah khususnya Pemasaran hasil Panen masyarakat , karena sering terjadi disini, kalau panen banyak ( raya ) , harga penjualan tidak sesuai ekspektasi para petani dan sering merugi ‘ ungkap Wabup 50 Kota.

Baca Juga :   Danrem 033/WP Bersilahturahmi dan Buka Puasa bersama Insan Pers

 

” Dengan bantuan dari Kemendag RI dan Support dari Bank Pemerintah hendaknya bisa menjaga kestabilan Harga jual , walau dalam musim panen melimpah , sehingga masyarakat petani terhindar kerugian sewaktu menjual hasil panen ‘ pungkas RKN.

 

Wamendag RI DR.Jery Sambuaga dalam sambutannya sangat apresiatif dan berbangga sekali atas undangan Pemkab 50 Kota dan siap membantu menjaga kestabilan Neraca Perdagangan di Kabupaten 50 Kota.

 

Solusi yang di tawarkan oleh Kemendag adalah Sistem Resi Gudang ( SRG ).

‘ Kami sudah menawarkan SRG kepada Pemkab 50 Kota dan Pemkab siap menjalankannya ‘ ungkap Pak Wamendag.

 

” SRG adalah tempat bagi para petani kita untuk menyimpan komoditasnya ketika harga turun dan bisa menjualnya ketika harga sudah stabil kembali ‘ tukuknya.

Baca Juga :   Satgas Pamtas Raider 142/KJ Gagalkan Penyelundupan BBM Premium di Kabupaten Belu NTT

 

” Untuk memastikan SRG ini berjalan , kami di Kemendag sudah membuat MoU dengan HimBaRa ( Himpunan Bank Negara) , Jadi SRG yang sudah menyimpan Komoditasnya di Gudang gudang yang nantinya akan kami bangun , bisa menjadikan komoditas yang di simpan tersebut sebagai Agunan untuk mengajukan Pinjaman ke HimBaRa , seperti BRI dan Bank Mandiri ‘ imbuhnya.

 

‘ Jadi Skema Pembiayaan , Skema pemberian fasilitas , Skema Pemberian Kredit , itu bisa di bantu oleh Bank Bank HimBaRa yang telah teken MoU dengan Kemendag , semua itu merupakan bentuk support Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah ‘ tambahnya.

 

‘ Jadi kami dari Pusat , mengharapkan dukungan dari Pemkab dan Forkopimda supaya SRG ini berjalan , kami membantu bukan hanya gudang tetapi juga Bank nya.

Baca Juga :   Menkeu: konglomerat tak taat pajak akan dikejar

Tetapi Pengelolaan , Implementasi dan Eksekusi itu ada di daerah yang sesuai dengan UU Otonomi Daerah ‘ Tutup Pak Wamendag DR.Jery Sambuaga Lugas.

 

SRG ( Sistem Resi Gudang ) merupakan Program Kementerian Perdagangan Republik Indonesia yang juga di terapkan di daerah daerah lainnya di Indonesia.

SRG merupakan terobosan Kemendag RI dengan Falsafah sederhana yaitu : Menghindari kerugian Petani di saat Panen dengan tetap menjaga kestabilan harga beli dari petani.

 

Penulis : Sukrianto

  • Bagikan
error: Content is protected !!