Nagari Situjuah Batua Adalah Nagari Terbaik Yang Penuh Inovasi Yang Dipimpin Oleh Wali Nagari Yang Low Profile

Limapuluh Kota, (cmczone.com)- Penilaian tingkat Kecamatan Situjuah Limo Nagari yang di helat pada awal 2021 dan menetapkan Situjuah Batua Peraih Nilai tertinggi dengan Skor 498 poin sebagai Nagari terbaik dalam lingkup Kecamatan Situjuah Limo Nagari , yang diumumkan pada tanggal 18 Maret 2021 melalui Surat Keputusan Camat Situjuah Limo Nagari Nomor 15 / Tahun 2021 yang ditanda tangani Camat Situjuah Limo Nagari Drs.Rahmat Hidayat M.Si.

Pemenang Tingkat Kecamatan akan berkompetisi pada jenjang lebih tinggi yakni tingkat Kabupaten 50 Kota dan lagi lagi Situjuah Batua kembali meraih skor tertinggi dalam Perlombaan Nagari tingkat Kabupaten tersebut yang di umumkan pada awal Juni 2021 yang lalu.
Nilai tertinggi tersebut dari Pengelolaan sampah berbasis kesadaran masyarakat dan Transparansi Penggunaan Anggaran yang di laporkan kepada masyarakat secara terbuka untuk umum.

Nagari Situjuah Batua berhak mewakili Kabupaten 50 Kota untuk Perlombaan Nagari tingkat Provinsi dan kalau menang lagi akan mewakili Sumbar di tingkat Nasional. Penilaian tingkat provinsi sumatera barat sudah dilakukan pada hari senin 14/06/21 dan wali nagari beserta masyarakat sudah memberikan data data yang akan dinilai kepada tim penilai dari provinsi.

Baca Juga :   Sinergi Anggota Satgas TMMD Bersama Mahasiswa KKN Bekerjasama Membangun Nagari

Wali Nagari Situjuah Batua DV.Dt.Tan Marajo ketika di hubungi awak media di Kantor Wali Nagari Situjuah Batua, mengatakan “Alhamdulillah, Kemenangan ini merupakan kemenangan masyarakat Nagari Situjuah Batua secara keseluruhan, tanpa sumbangsih masyarakat yang telah bahu membahu dengan Pemerintahan Nagari mustahil bisa menang” ungkap DV.Dt.Tan Marajo kepada media Selasa 15 Juni 2021.

Selanjutnya beliau menambahkan Terima Kasih Untuk semua Masyarakat Yang telah mengambil peran dalam kemenangan ini dan mudah mudahan bisa kita pertahankan
pada tahun depan.

Pemerintahan Nagari Situjuah Limo Nagari yang membawahi 6 Jorong dengan Jumlah Penduduk 5485 Orang.

Nagari Situjuah Batua yang di pimpin oleh DV.Dt.Tan Marajo sejak tahun 2018 lalu melalui Pilwanag tahun tersebut, Kepercayaan masyarakat ini merupakan periode kedua menjadi Pemimpin setelah sebelumnya menjadi Wali Nagari tahun 2006 Sampai tahun 2011.

Baca Juga :   Kapten Inf Ramlan : Diluar Dugaan Poskamling Selesai Dalam 20 Hari

Profile DV.Dt.Tan Marajo secara personality merupakan tipe Pemimpin yang menjadi idaman setiap Masyarakat.

Ia, sangat “Langka mencari Pemimpin yang sangat Low Profile, dekat dengan masyarakatnya yang mau mendengar dan bergaul dengan siapapun dan mencarikan solusi yang komprehensif dalam setiap permasalahan yang dihadapi masyarakat Nagari Situjuah Batua sehari hari” ungkap salah seorang masyarakat yang sukses dibina oleh Pak Wali ke jalan yang benar , yang sebelumnya merupakan Bang Baron atau Preman Kampung yang sekarang sudah menjadi masyarakat yang Produktif dan berguna bagi masyarakat lainnya, banyak lagi cerita positif dari masyarakat Situjuah Batua tentang Pak Wali Ini.

Kasi Pemerintahan Nagari Situjuah Batu Yosfan Aswandi mengatakan bahwa Nagari Situjuah Batua atas Perintah Wali Nagari akan selalu melakukan inovasi inovasi untuk lebih meningkatkan Pelayanan kepada Masyarakat sesuai dengan UU yang berlaku yang dikombinasikan dengan masukan masukan dari Masyarakat menuju Nagari Mandiri yang sudah digagas sejak 2019 yang lalu.

“Anggaran Tahun 2020 sebesar Rp 2,334,058,000 (Dua Milyar Tiga Ratus Tiga Puluh Empat Lima Puluh Delapan Ribu Rupiah) yang sudah di gunakan dan di pertanggung jawabkan melalui LKPJ Wali Nagari akhir 2020 yang lalu.

Baca Juga :   Satgas TMMD Jalin Komunikasi Sosial Dan Silaturahmi Dengan Warga

Jumlah Anggaran tersebut berasal dari Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), Pendapatan Asli Nagari (PAN) dan Pendapatan Lain lain,” ungkap Kasi Pemerintahan Yosfan Aswandi kepada Media.

Tranparansi Anggaran dan setiap detail penggunaan anggaran ini di laporkan oleh Pemerintahan Nagari kepada masyarakat via pamflet, baliho yang ditempel di tempat2 umum, sehingga Transparansi Anggaran bisa dilihat oleh masyarakat secara luas.

“Untuk Tahun 2021 ini Penggunaan Anggaran dan Jumlah nya sedang di susun, tapi bisa kami laporkan salah satu inovasi yang akan kami laksanakan adalah Bantuan Sanitasi untuk 40 Rumah, Program ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan” tukuknya.

Inovasi tiada henti yang dilakukan oleh Pemerintahan Nagari Situjuah Batua patut menjadi teladan bagi Nagari Nagari Lainnya.

Penulis: sukrianto