Panglima TNI Resmikan Makogabwilhan dan Monumen Tri Matra

cMczone.com – Pangdam I/ BB Mayjen TNI Hassanudin dan Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, mendampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dalam peresmian Makogabwilhan I,II,III dan Monumen Tri Matra, di Pulau Dompak, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (12/10/2021). 

Kegiatan diawali dengan penandatangan hibah tanah dari PT Singlurus kepada Panglima TNI yang diwakili Aslog Panglima TNI Marsda TNI Sujatmiko.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan hibah Monumen Tri Matra oleh Aslog Panglima TNI kepada Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad, yang diwakili oleh Sekda Provinsi Kepri Lamidi, dilanjutkan dengan penandatanganan Prasasti Makogabwilhan I, II, dan III oleh Panglima TNI.

Baca Juga :   Brigjen TNI Yudi 'Cium' Dhuaja Korem 033/WP Ksatria Bumi Segantang Lada

Dalam sambutannya Panglima TNI menyampaikan, pembentukan Kogabwilhan merupakan representasi konsep interoperabilitas TNI dalam menghadapi perkembangan lingkungan strategis yang dinamis guna menghadapi tantangan ke depan yang semakin kompleks.

Kogabwilhan telah berfungsi secara aktif menjadi Kotamaops TNI dalam melaksanakan Operasi Militer Perang maupun Operasi Militer.

“Kogabwilhan menjadi manifestasi keterpaduan kekuatan dan kemampuan TNI sebagai alat pertahanan Negara dalam menghadapi berbagai spektrum ancaman yang semakin beragam dan menjadi manifestasi keterpaduan kekuatan serta kemampuan TNI sebagai alat pertahanan Negara dalam menghadapi berbagai spektrum ancaman yang semakin beragam,” ujar Panglima TNI.

Kehadiran Markas Kogabwilhan I di Tanjungpinang Kepri, kata Panglima TNI, Markas Kogabwilhan II di Penajam Paser Kaltim dan Markas Kogabwilhan III di Timika Papua, menjadi bentuk kehadiran negara untuk melindungi integritas dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta keselamatan segenap bangsa.

Baca Juga :   Brigjen Jimmy: Selamat HUT Brimob ke-76

Dalam kesempatan yang sama, Panglima TNI juga meresmikan Monumen Tri Matra terpadu sebagai simbol keterpaduan tiga Matra TNI, yaitu TNI-AD, TNI-AL dan TNI-AU.

Kemudian Acara dilanjutkan dengan pengecekan Makogabwilhan I dan Monumen Tri Matra Serta Foto bersama di Monumen Tri Matra.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Ketua Umum Dharma Pertiwi beserta jajaran pengurus, Pejabat Utama Mabes TNI, Para Pangkogabwilhan, Pangdam VI/Mulawarman, Pangdam I/BB, Danrem 033/WP,  Kapolda Kepri, Gubernur Provinsi Kepri, Ketua DPRD Provinsi Kepri, Pejabat Utama Polda Kepri, Ketua Lam Provinsi Kepri, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat.

Editor : Budi Adriansyah

Sumber : Penrem 033/WP