news  

Gubernur Kepri dan Menteri KKP, Bahas Pemberdayaan Nelayan dan Budidaya Ikan di Kepri

cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, bertemu dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Senin (19/10/2021) di Jakarta guna melakukan komunikasi dan konsolidasi terkait beberapa hal menyangkut program kelautan dan perikanan di Kepri. 

Tujuan Gubernur Kepri bertemu menteri KKP sendiri adalah agar masyarakat nelayan di Kepri bisa lebih maju dan berkembang sehingga bisa menopang kesejahteraan para nelayan yang ada.

Dalam kesempatan ini, Ansar memaparkan segala potensi kelautan dan perikanan yang dimiliki Kepri, dari ujung selatan hingga ujung utara Kepri. Khusus di Natuna, seperti yang telah disampaikan sebelumnya oleh Gubernur Kepri kepada menteri KKP telah dirancang untuk menjadi central perikanan nasional di wilayah Barat. Hal ini didukung dengan kondisi geografis daerah Natuna yang berada di laut lepas dengan kualitas serta kuantitas ikan yang melimpah.

Baca Juga :   Silaturahmi Pemprov Kepri dan Pemerintah Diraja Malaysia

“Potensi laut Natuna sangat luar biasa. Selain kuantitas ikannya banyak, kualitasnya juga bernilai ekspor. Ditambah lagi memang berbatasan langsung dengan sejumlah negara tetangga. Dan tidak hanya untuk Natuna, tapi perikanan juga menjadi komoditas unggulan kedepan bagi Kepulauan Riau,” kata Ansar.

Dalam kesempatan ini, kata Ansar, menteri KKP menjelaskan jika pemerintah pusat akan mendorong terus kesejahteraan masyarakat nelayan di daerah, termasuk di Kepri melalui program-program unggulannya.

“Pemerintah pusat akan menjamin kesejahteraan dan kesehatan masyarakat nelayan melalui jaminan asuransi nelayan,” ung Ansar.

Salah satu hal yang menjadi perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri dan dalam kesempatan ini menjadi salah satu topik yang disampaikan Gubernur Kepri kepada menteri KKP adalah terkait pemberdayaan masyarakat nelayan dan pengembangan budidaya ikan oleh nelayan di Kepri.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Berharap PTKIN Menjadi Sendi Penggerak Pembangunan

Didalamnya ada pembinaan dan penyertaan modal bagi nelayan. Dengan demikian kesejahteraan nelayan bisa terjamin dan kelestarian ikan juga bisa terjaga.

“Untuk mewujudkan program ini, kita membutuhkan dukungan pemerintah pusat. Dan kita minta agar program pemberdayaan masyarakat dan pengembangan budidaya ini dapat di prioritaskan di Kepri,” ujar Ansar.

Editor : Budi Adriansyah