Pijat Refleksi dan Akupresur Bagi Penderita Stroke

cMczone.com – Stroke merupakan sebuah kondisi atau keadaan dimana telah terjadi kerusakan pada sebagian sel-sel pada otak sebagai akibat dari penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah yang menuju otak.

Darah yang membawa oksigen dan nutrisi penting amat sangat dibutuhkan untuk kelangsungan kehidupan sel-sel tubuh kita termasuk otak, terhentinya pasokan darah pada sel-sel otak mengakibatkan sel mati dan tak berfungsi sebagaimanan mestinya.

Hilangnya fungsi sel otak karena darah yang tersumbat akan berakibat sangat fatal pada penderita, otak sebagai kontrol dan kendali saraf sensorik dan motorik akan kehilangan fungsi sehingga akan terjadi kelumpuhan pada sebagian atau keseluruhan anggota badan tergantung seberapa besar kerusakan yang terjadi pada otak penderita stroke.

Seperti dilansir dari refleksi.com, Penderita biasanya akan mengalami kelumpuhan pada sebelah atau kedua tangan dan kaki, berbicara meracau atau tidak jelas, mata dan mulut akan menurun pada satu sisi serta pada penderita stroke yang parah bisa berakibat pada hilangnya nyawa. Menurut survey pada tahun 2013, stroke juga merupakan pembunuh nomor 1 di Indonesia dimana 12 dari 1000 orang indonesia menderita penyakit stroke.

Pada dasarnya penyakit stroke bisa menimpa siapas saja dari orang tua, muda bahkan anak-anak sekalipun. Namun orang yang usianya lebih dari 60 tahun lebih beresiko terserang stroke, selain itu orang dengan pola hidup yang tidak sehat  dan memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi juga berpotensi terkena penyakit storke.

Terapi Pijat Refleksi Untuk Stroke

Penyakit stroke adalah salahsatu penyakit yang sulit disembuhkan, akan tetapi bukan berarti tak bisa disembuhkan. Karena Alloh menurunkan penyakit pasti juga menurunkan obat untuknya, tinggal ikhtiar kita untuk mencari kesembuhan dengan berbagai metode pengobatan halal yang sudah ada. Kemauan yang besar untuk sembuh dari penderita penyakit merupakan  setengah dari obat, olah karena itu tatap bersemangat untuk berikhtiar, berdo’a untuk kesembuhan dan bertawakal kepada Alloh Subhanahu Wata’ala.

Baca Juga :   PPKM Level 2, Ansar Ahmad Sebut Bepergian Antar Daerah di Kepri Bebas Antigen

Disini admin Refleksi.id akan berbagai metode pengobatan pijat refleksi stroke yang akan saya tambahkan juga dengan beberapa titik akupresur yang bisa anda gunakan untuk terapi pada penderita stroke. Dengan melakukan pemijatan pada titik-titik refleksi diharapkan akan memperlancar peredaran darah dan mengikis sumbatan-sumbatan pada pembuluh darah, meningkatkan fungsi kelanjar dan menguatkan sistem imun sehingga lambat laun dengan izin Alloh akan menorrmalkan fungsi otak yang rusak dari akibat tersembatnya pembuluh darah.

Metode pengobatan dan terapi refleksi stroke memang membutuhkan waktu yang lama untuk pemulihan. Namun dengan kesungguhan dan kesabaran untuk sembuh, insyaAlloh akan membuat anda bisa sembuh dari penyakit stroke tersebut.

Titik titik Refleksi Untuk Mengobati Stroke

Titik-titik refleksi stroke yang akan di share disini mungkin akan saya fokuskan pada titik pada organ otak dan kepala serta titik refleksi untuk memperlancar peredaran darah. Selain itu titik syaraf untuk system kelenjar juga akan saya tambahkan. Untuk lebih jelasnya berikut ini titik refleksi untuk terapi penderita stroke.

Keterangan gambar:

  • Titik refleksi telapak kaki terdiri dari titik refleksi otak kanan dan kiri, kelenjar titik untuk memperlancar peredaran darah serta untuk kekebalan tubuh penderita stroke. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat titik refleksi telapak kaki berseta keterangannya pada link tersebut
  • Titik refleksi punggung kaki terdiri dari 3 titik refleksi kelenjar getah bening dan sistem keseimbangan tubuh silahkan lihat keterangannya di titik refleksi punggung kaki pada posting saya terdahulu atau dengan klik link tersebut
  • Titik refleksi telapak tangan dan punggung tangan terdiri dari titik refleksi kepala, sistem kekebalan tubuh, kelenjar dan untuk kesehatan jantung. Untuk keterangannya silahkan lihat pada posting gambar titik refleksi tangan
Baca Juga :   Melalui Vicon, Ansar Ahmad Ikuti Rakor Bahas Covid-19 & PPKM

Cara Pijat Refleksi Stroke

Sebenarnya untuk penderita stroke anda bisa memijat semua titik refleksi kaki dan tangan tanpa terkecuali, namun memfokuskan pada titik-titik refleksi tertentu seperti yang sudah saya jelaskan diatas, insyaAlloh akan lebih optimal dan menghemat waktu proses terapi. Sebelum melakukan proses pemijatan pada penderita srtoke, sebaiknya lakukan pemanasan dengan memijat/menggosok kaki atau tangan yang akan di terapi selama 5 menit, setelah itu lakukan pemijatan dengan menggunakan jari tangan atau stick dari kayu selama 3 menit pada setiap titiknya. Lakukan pemijatan sebanyak 3 kali sehari selama 3 hari berturut-turut, setelah itu anda bisa melakukan terapi setiap hari 1 kali.

Pada penderita stroke yang mengalami kelumpuhan, biasanya tak akan merasakan sakit pada titik refleksi yang diterapi, hal itu wajar karena ada gangguan syaraf sensorik pada otak sebagai pengendali dan kontrol tubuh. Tetap lakukan pemijatan dengan telaten dan insyaAlloh akan ada perubahan pada 2 minggu pertama setelah terapi dimulai.

Titik Akupresur Stroke

Pada artikel ini juga akan di tambahkan beberpa titik akupresur yang berada di wajah dan kepala bagian depan serta titik akupresur yang berada di kepala dan leher bagian belakang, tambahkan titik akupresur ini dalam sesi terapi pada penderita stroke setelah selesai melakukan pemijatan pada semua titik refleksi yang sudah saya jelaskan diatas. Dan berikut ini gambar titik akupresur untuk penderita stroke.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Sarankan Satgas Lakukan Vaksinasi dari Rumah ke Rumah

Untuk pemijatan pada titik akupresur yang sudah saya tandai dengan warna merah pada gambar diatas, jangan memijatnya terlalu keras, lakukan dengan perlahan saja selama 3 menit pada setiap titiknya. Anda juga bisa menambahkan titik akupresur energi untuk menambah stamina penderita stroke pada titik-titik pembangkit energi yang sudah saya share terdahulu. Jangan lupa setelah selesai proses terapi pijat refleksi dan akupresur untuk banyak minum air putih, kalau mampu minimal 500 ml atau 2 gelas besar.

Dengan kesabaran, iktiar dan do’a serta tawakal kepada Alloh subhanahu wata’ala, insyaAlloh penyakit stroke bisa sembuh dengan metode pengobatan refleksi dan akupresur, namun jenis penyakit ini harus selalu menjalani terapi secara rutin dan teratur dan membutuhkan waktu pemulihan yang tidak singkat. Anda juga bisa mengkombinasikan dengan minum obat herbal dan metode pengobatan lainnya yang dibenarkan untuk mempercepat kesembuhan.

Alhamdulillah, akhirnya selesai juga artikel saya tentang cara mengobati sakit stroke dengan metode pijat refleksi dan akupresur. Dengan melakukan terapi pijat pada titik refleksi stroke, insyaAllah akan membantu anda untuk mengobati kelumpuhan dan memulihkan kondisi penderita stroke. Harapan saya semoga artikel ini bermanfaat dan mampu memberikan solusi yang tepat, murah dan aman untuk yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.(***)