Mahasiswa FISIP UNRI Lakukan Praktikum Di Desa Talang Durian Cacar

cMczone.com – Untuk pengenalan linkungan serta mengetahui wilayah adat talang, Fisip UNRI menurunkan mahasiswa/i sosiologi ke desa Talang Durian Cacar untuk praktikum pada Sabtu (28/10/23).

Rombongan mahasiswa/I UNRI tersebut  dipimpin langsung oleh salah seorang Dosen Fisip UNRI yaitu Bapak Syamsul Bahri ke desa Talang Durian Cacar, yang bertujuan agar Mahasiswa/i lebih mengenal adat serta kebudayaan Suku Talang Mamak yang ada di Desa Talang Durian cacar.

Praktikum yang dilakukan bertujuan untuk memberi pemahaman secara langsung atau konkrit bagi mahasiswa terhadap berbagai peristiwa yang terjadi di pemerintahan secara khusus pada pemerintahan dan masyarakat di desa. Kegiatan praktikum ini diselenggaran di wilayah Desa Talang Durian Cacar Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Inhu.

Baca Juga :   Launching TV Edukasi 'Bintan Channel' Roby Kurniawan Apresiasi Dinas Pendidikan Bintan...

Kegiatan praktikum ini berupaya untuk mendorong para mahasiswa/i agar memiliki kemampuan dalam memahami dan merasakan segala peristiwa sosial dan dinamika yang terjadi di masyarakat.

Syamsul Bahri mengemukakan bahwa kegiatan praktikum ini memiliki manfaat yang sangat besar dalam perkembangan mahasiswa dalam proses perkuliahan di kampus. Kegiatan ini sangat penting. Praktikum bukan hanya soal teori namun lebih pada tataran model berpikir, mengenali, menemukan dan memecahkan permasalahan yang ditemui di lapangan. Selain itu, melalui praktikum ini juga memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai realitas lapangan yang pelik dan seringkali sangat berbeda dengan teori-teori yang digunakan.

Salah seorang mahasiswa mengemukakan pengalaman nyata selama praktikum di Desa Talang Durian Cacar. Desa perlu dilihat sebagai kekuatan dalam pembangunan hal ini karena desa memiliki sumber daya yang seperti sumber daya alam, sumber daya sosial dan budaya yang saat ini jarang ditemukan di perkotaan. Ini menjadi kekuatan besar yang dimiliki oleh masyarakat di pedesaan. Hal yang sangat menarik yang saya dapatkan selama praktikum berlangsung yaitu tentang tata perilaku atau kebiasaan di masyarakat tempat kami praktikum di Desa Talang Durian Cacar.

Baca Juga :   Dewi Kumalasari: Pendidik PAUD Harus Miliki Kualitas Iman dan Taqwa...

“Selama praktikum kami melihat bahwa warga Desa Khusunya Suku Talang Mamak masih hidup secara sederhana dan pola pikir yang tidak serumit masyarakat ibukota, kami merasa lebih damai disana, ditambah lagi dengan budaya yang saat ini masih terus dipelihara dan dilakukan seperti gotong royong dalam menjaga lingkungan dan saling sapa, saling tolong menolong antar tetangga,  ramah terhadap pendatang dan lain-lain. Semua ini kami alami secara nyata selama penyelenggaraan praktikum di Desa Talang durian Cacar”ucap salah seorang Mahasiswa