news  

Marlin Ajak Milenial Jaga Lingkungan Kawasan Pantai

cMczone.com – Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Marlin Agustina, mengajak kaum milenial Kepri untuk memperkuat komitmen mereka dalam menjaga lingkungan, terlebih untuk kawasan pantai, pelestarian lingkungannya. 

“Seperti hutan mangrove, sangat penting. Kawasan ini sangat penting untuk perekonomian dan pariwisata,” kata Marlin.

Mangrove yang terjaga, kata Marlin, sangat penting untuk menjaga Kepri yang terdiri dari ribuan pulau, agar tidak abrasi dan mendukung perekonomian masyarakat sekitar.

“Juga seperti pesan Bapak Presiden Jokowi kemarin, bahwa pelestarian mangrove ini penting untuk perubahan iklim,” ujar Marlin, di Graha Kepri, Kota Batam, Kamis (30/9/2021).

Usai mengikuti Rapat Asistensi Kegiatan Dekonsentrasi bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, secara virtual dari Graha Kepri, Marlin bercerita tentang kunjungan Jokowi ke Pulau Setokok, Kota Batam.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Ingatkan Antisipasi Kebutuhan Sembako Jelang Nataru

Menurut Marlin, semangat Jokowi dalam pelestarian hutan mangrove harus diikuti masyarakat Kepri, apalagi untuk generasi muda dan kaum milenial.

Marlin menambahkan, dengan luas Kepri yang 96 persennya adalah laut, maka garis pantainya harus dijaga. Kepri sendiri memiliki garis pantai yang cukup panjang, hingga mencapai 2,367 kilometer.

“Kita jaga bersama, agar tak kena abrasi air laut. Juga untuk mendukung ekonomi masyarakat pesisir,” ajak Ketua TP-PKK Kota Batam ini.

Marlin yang besar di Kabupaten Karimun dan beberapa kali beraktivitas dengan sampan untuk bergerak antar pulau, paham dengan biota penghasil uang apa saja di kawasan pesisir dan mangrove. Seperti kepiting, udang dan beberapa jenis ikan. Dengan terpeliharanya kawasan ini, maka, sumber ekonomi masyarakat juga terjaga.

Baca Juga :   Marlin Agustina: Manfaatkan Teknologi dalam Menyampaikan Syiar dan Dakwah

Saat di Pulau Setokok, kata Marlin, Jokowi menyampaikan, bahwa 20 persen hutan mangrove di dunia ada di Indonesia. Karena itu perlu terus dilestarikan. Dengan fungsi mangrove yang bisa memperbaiki ekosistem di pesisir, mengurangi abrasi air laut, dan mengurangi emisi karbon lebih banyak dari hutan tropis di darat.

Dalam kunjungan itu, Marlin salah seorang pejabat daerah yang menunggu di Pulau Setokok. Jokowi saat tiba langsung disambut dengan gerimis. Menggunakan jaket merah dengan hoodie, Jokowi ikut berendam di laut Setokok untuk menanam mangrove.

Marlin menyampaikan, bahwa apa yang ditunjukkan Jokowi harus meningkatkan dan memperkuat komitmen masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan. Jokowi berbasah-basah oleh hujan dan berendam di laut Setokok menanam mangrove demi masa depan kelestarian alam dunia.

Baca Juga :   ULPPA Tanjungpinang dan Bintan Ikuti Workshop yang Digelar DP3AP2KB Provinsi Kepri

“Kita semua harus mendukung gerakan itu. Peduli dengan pelestarian lingkungan untuk masa depan yang lebih baik,” kata Ketua Pikori BP Batam lagi.

Editor : Budi Adriansyah