Persiapan Kunjungan Panglima TNI, Ansar Ahmad Rapat bersama FKPD 

cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, meninjau lokasi kegiatan vaksinasi dan bantuan sosial sekaligus memimpin Rapat Koordinasi bersama FKPD dalam rangka kesiapan Kunjungan Kerja Panglima TNI pada hari Selasa (12/10/2021) nanti ke Kota Tanjungpinang. 

Dalam rapat koordinasi, pelaksanaan kegiatan vaksinasi direncanakan di Aula Wan Seri Beni. Hadir dalam rapat tersebut Kadis Kesehatan M Bisri, Kadis Pendidikan Muhammad Dali, Direktur RS Raja Ahmad Thabib (RAT) Yusmanedi, Staf Khusus Gubernur Kepri Suyono.

Sedangkan dari pihak TNI yang hadir Aspotwil Kaskogabwhan I Brigjen TNI Bambang Siswanto, Kasipotmar Lantamal IV Kolonel Laut (KH) Ambar Suwardi, Kasiter Korem 033 Wirapratama Kolonel Inf Zusnam Hadi Hudaya dan Kadis Ops Lanud RHF Mayor Lek Chechep Indra P. N.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Beri Penghargaan pada FKPD, Bupati/Walikota, Instansi Vertikal dan Ormas Se-Kepri

Rencana pelaksanaan kegiatan vaksinasi dimulai pada pukul 09.00 WIB dan target sasarannya 1.300 orang, yang terbagi dari TNI sebanyak 1000 orang serta dari  Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang masing-masing 100 orang, serta 100 dosis untuk usia pelajar.

“Kegiatan itu nanti dibagi benar-benar, agar tidak terjadi kerumunan dan siapkan tempat observasi beserta ICU mini dan serta obat-obatan,” ujar Ansar, saat Rakor di ruang Kerjanya, Lantai 4, Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Kota Tanjungpinang, Kamis (7/10/2021).

Terkait vaksin, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri lewat Dinas Kesehatan menyiapkan vaksin Astrazaneca, sinovac, moderna dan Sinopharm yang merupakan  bantuan dari Tamasek Faundation Singapura.

“Kita sepakati untuk dosis I vaksin memakai sinovac dan Az, dosis II bervariasi saja sesuai dengan dosis I nya,” ungkap Ansar.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Laporkan Kasus Covid-19 kepada Airlangga Hartarto: Kepri dalam Taraf Aman

Bersamaan dengan itu, Ansar memerintahkan Dinas Pendidikan untuk kegiatan vaksinasi ini juga disiapkan anak sekolah SMA dan SMK sebanyak 100 orang. Terkait waktunya, diatur dengan sesuai kemampuan relawan untuk daftarnya.

“Target kita ini harus terkejar, karena herd immunity Negara kita harus tercapai agar pulih semua aspek,” perintah Ansar.

Ansar berharap, kegiatan ini diupayakan yang terbaik dan pelayanan terhadap masyarakat pun harus diperhatikan. Agar lebih efektif dengan tahapan-tahapan yang baik dan target tercapai.

“Kita juga persiapkan tenaga kesehatannya nanti disiapkan dari Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan dan TNI-Polri serta relawan diikutkan,” ujar Ansar.

Terkait dengan bantuan sosial (bansos), menurut Ansar, penyerahannya kepada masyarakat yang ikut dalam kegiatan vaksinasi sebagai bingkisannya.

Baca Juga :   Riset SSGI 2021: Kepri Provinsi Terendah Ke-4 Se-Indonesia untuk Temuan Kasus Balita Pendek (Stunting)

“Saran saya, bantuan Sembako ini disejalankan dengan giat vaksinasi. Selesai vaksin Sembakonya langsung dikasi, mengingat masyarakatkan terdampak semua dengan pandemi Covid-19,” saran Ansar, disela-sela peninjauan lokasi.

Terkait kunjungan kerja Panglima TNI,  Pemprov Kepri juga menyiapkan kerajinan dan produk-produk unggulan Dekranasda Provinsi Kepri yang akan ditinjau oleh Istri Panglima TNI nantinya.

Terakhir, Ansar meminta protokol kesehatan benar-benar diperketat dan jangan sampai rangkaian vaksinasi menjadi kerumunan atau klaster Covid-19.

“Persiapkan fasilitas sarana dan prasarana untuk kegiatan vaksinasi harus diperhatikan sebaik mungkin,” tutup Ansar.

Editor : Budi Adriansyah