H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo Buka Festival Arung Jeram Lareh Sago Halaban

Limapuluh Kota, cmczone.com- Festival Arung Jeram yang di helat di Batang Sinamar yang melewati 3 Nagari di Kecamatan Lareh Sago Halaban resmi di buka oleh H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Fraksi Partai Gerindra Pada Hari Sabtu 30 Oktober 2021.

Festival ini direncanakan akan berlangsung 2 hari, Sabtu 30 Oktober 2021 dan Minggu 30 Oktober 2021. Festival Arung jeram yang di inisiasi dari Pokir (Pokok Pokok Pikiran) Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat yang di laksanakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Oleh Kabid Pemasaran Agung Hermanto dan Dinas Pariwisata Kabupaten Limapuluh Kota c/q Kasi dari Dinas Pariwisata Ibuk Novi.

Festival ini juga di Backup oleh 3 Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dari 3 Nagari; Pokdarwis Aia Boba (Halaban), Ketua: Helmi Anwar. Pokdarwis Bungo Tanjuang (Tanjuang Gadang), Ketua : Syafwanil Arif. Pokdarwis Tareh Tarunjang (Ampalu), Ketua : Nanda.

Baca Juga :   Ketua Dprd Limapuluh Kota Usir Wartawan Yang Datang Meliput Hearing Dengan Perwanaliko

“Kami berharap kepada Pak Dewan (Dt.Bijo.red) bisa mengalokasikan Pokirnya tahun depan, sehingga bisa menjadi acara tahunan.” imbuh Ketua-Ketua Pokdarwis 3 Nagari.

Wali Nagari Halaban Eka, Wali Nagari Tanjuang Gadang Rilson Dt.Mangguang dan Wali Nagari Ampalu Sefiyenti juga berharap Festival Arung Jeram Lareh Sago Halaban ini bisa mengangkat Perekonomian Kawasan, khususnya 3 Nagari.

” Mudah mudahan Kedepan dengan adanya Spot Arung jeram di Jembatan Aia Boba bisa mengundang Wisatawan untuk datang ke Nagari kami sehingga bisa mengangkat Perekonomian Warga dan tentu saja Olah raga Arung jeram ini bisa menjadi identitas Nagari sehingga Peminatnya akan bertambah dan Atas Nama Nagari kami ucapkan Kepada Bapak H.Dt.Nurkhalis yang telah bersedia menitip Pokirnya untuk acara ini ” ungkap mereka.

Baca Juga :   Ibu Muda Beserta 44 BB Paket Sabu Siap Edar Berhasil Diamankan Satresnarkoba Polres Tanjabbar

H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo dalam sambutannya mengatakan “Ini masih merupakan Aspirasi dari masyarakat Lareh Sago Halaban yang kami kami serap melalui reses yang lalu, Kami hanya membantu merealisasikannya melalui Pokir di Provinsi. Kami harapkan dengan adanya Festival Arung Jeram ini kita bisa memanfaatkan Anugrah yang di berikan Allah kepada kita bisa menjadi Menjadi tempat Wisata tujuan sehingga Quantitas kunjungan akan meningkat Kedepan dan tentunya potensi ekonominya bisa kita kemas dan manfaatkan dengan baik ” ungkap Dt.Bijo.Dt.Bijo.

Agung Hendrianto Kabid Pemasaran yang mewakili Kadis Pariwisata Provinsi Sumatera Barat juga berharap “Kami di Provinsi siap untuk membantu Pokdarwis dengan semua potensi yang ada di Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat bisa diberdayakan dengan tujuan meningkatkan potensi yang ada di Nagari terutama Pemasaran Pariwisatanya ” ungkapnya.

Baca Juga :   SDN 61 Tarok Diduga Lakukan Pungutan Berbalut Infaq Kepada Wali Murid..

Kasi Dinas Pariwisata Limapuluh Kota yang mewakili Kadis Pariwisata juga berharap hal yang selaras : ” Dengan bentang alam Limapuluh Kota yang banyak dilalui sungai, Olah raga Arung jeram bisa menjadi olah raga unggulan yang patut dikembangkan. Kami dari Dinas Pariwisata Kabupaten Liampuluh Kota akan selalu siap untuk membantu pengembangan Pariwisata Kawasan. Dan Terima kasih yang sebesar besarnya kepada Bapak H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo atas supportnya ” pungkasnya.

Olah Raga Arung Jeram yang memanfaatkan aliran sungai sebagai Media luncurnya dan Perahu Karet ini memang bisa di jadikan Olah raga prioritas untuk di Kembangkan di Kabupaten Limapuluh Kota. Olah raga ini juga bisa menjadi Olahraga Prestasi karena sudah masuk kalender olahraga yang di pertandingkan di level Lokal, Nasional dan Internasional.

(Soe-crie )