news  

Peringatan Hari Pahlawan ke-76, Lamidi Ingatkan Prokes 

cMczone.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan pelaksanaan upacara peringatan Hari Pahlawan ke-76 tahun 2021 di Gedung Daerah, Kota Tanjungpinang, Selasa (2/11/2021) malam. 

Rakor dipimpin oleh Pj Sekdaprov Kepri Lamidi didampingi Asisten Tata Pemerintahan Juramadi Esram dan Kadis Sosial Doli Boniara.

Tampak hadir Kadis Kominfo Zulhendri, Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando, beserta perwakilan Korem 033/WP, Kanwil Kemenag Kepri, Dispora, PLN, Kwarda Kepri, Dinkes, Biro Umum, serta Biro Humpro Hub.

Lamidi mengatakan, bahwa tahun ini peringatan Hari Pahlawan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena masih dihadapkan dengan pandemi Covid-19. Sehingga pelaksanaannya dilakukan secara terbatas dan akan diselenggarakan secara sederhana, adapun tema hari pahlawan tahun ini adalah ‘Pahlawanku Inspirasiku’.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Surati Menteri Perhubungan : Perihal Retribusi Pelayanan Kepelabuhanan

“Nantinya, upacara dibuat rangkaian dengan tata cara yang sudah ditetapkan, dan wajib menerapkan protokol kesehatan (prokes), sehingga undangan peserta terbatas. Upacara ini dilaksanakan pada 10 November, sehingga panitia benar-benar memperhatikannya baik-baik,” pesan Lamidi.

Lamidi menambahkan, bahwa upacara akan diselenggarakan di halaman upacara Kantor Gubernur Kepri di Dompak, tetapi mengingat cuaca masa pancaroba disiapkan juga Aula Wan Seri Beni sebagai antisipasinya.

“Jika cuaca kurang baik, maka kita langsung pindahkan ke Aula Kantor Gubernur dan jumlahnya disesuaikan dengan kemampuan luas Aula,” tambah Lamidi.

Diinformasikan juga, pelaksanaan peringatan Hari Pahlawan dilanjutkan dengan upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pusara Bhakti Tanjungpinang, Jalan Gatot Subroto, KM 5 bawah.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Resmi Salurkan Program Bantuan Modal UMKM Bunga 0 %

Rangkaian upacara Ziarah Nasional adanya Hening Cipta secara serentak selama 60 detik di seluruh Indonesia dan peletakan karangan bunga serta tabur bunga di TMP.

“Pelaksanaan Hening Cipta secara serentak kita manfaatkan media sosial dalam penyebaran informasinya,” terang Lamidi.

Dengan waktu persiapan seminggu lagi, Lamidi berharap, semua yang terlibat dalam penyelenggaraan acara ini dapat bekerja dan mempersiapkan dengan maksimal, supaya pada tanggal 10 nanti dapat menampilkan yang terbaik.

“Dalam rapat ini kita sudah tahu siapa-siapa yang terlibat di dalam pelaksanaannya, agar kerja besar tugas ini bersama-sama kita sukseskan,” harap Lamidi.

Terakhir, Lamidi mengatakan, bahwa Hari Pahlawan merupakan momentum untuk memberikan dorongan dan contoh kepada generasi muda.

Baca Juga :   Sebar 10.000 Masker, Ketua PKK Kepri Ajak Masyarakat Lingga Disiplin Prokes

“Semangat patriotisme pahlawan harus kita tumbuh kembangkan dalam membangun negeri yang kita cintai ini,” tutup Lamidi.

Editor: Budi Adriansyah