TP-PKK Kepri Ajak Masyarakat Kepri Sukseskan Vaksinasi Booster

Tanjungpinang, cMczone.com – Ketua TP-PKK Kepulauan Riau (Kepri) Dewi Kumalasari mengajak seluruh masyarakat di Provinsi Kepri untuk ikut mensukseskan pelaksanaan vaksinasi Booster, khususnya pada lanjut usia  (lansia) 60 tahun ke atas di Asrama Haji, Kota Tanjungpinang, Selasa (18/1/2022).

Adapun, target vaksinasi lansia ini untuk  sebanyak 200 orang yang akan disuntik vaksin Covid-19 dosis tiga booster yang dibiayai dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kepri.

Dalam sambutannya Dewi mengatakan, bahwa pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga Booster ini diberikan untuk kembali  meningkatkan kekebalan terhadap Covid-19, salah satunya adalah lansia.

“Karena adanya penurunan anti body setelah dilakukan vaksinasi pertama lengkap, sehingga harus diberikan dosis lanjutan untuk kembali meningkatkan kekebalan terhadap Covid-19,” jelas Dewi.

Baca Juga :   Hari Kanker Sedunia 2022: YKI Kepri Gelar Program Screening IVA dan Sadanis

Dikatakan Dewi, TP-PKK akan menjadi garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19 di Provinsi Kepri.

“Untuk itu, PKK akan terus mendorong pelaksanaan vaksinasi dengan menggerakkan kader untuk mensosialisasikan dan memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi,” tegas Dewi.
Kegiatan ini juga didukung oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Dinas kesehatan Kota Tanjungpinang dan Tim Vaksinator Gubernur Provinsi Kepri.

Pada kesempatan ini, TP-PKK Provinsi Kepri akan bersinergi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kepri untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19 di Provinsi Kepri.

Pada acara tersebut dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama dalam nomor 005/MOU/PKK.kepri/XI/2021 dan nomor 200/MOU-DINKES/XI/2021 antara TP-PKK Provinsi Kepri dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kepri dalam bidang kesehatan.

Yang mana, maksud kesepakatan bersama ini sebagai dasar melakukan kerja sama daerah dalam rangka menciptakan keterpaduan pembangunan antara daerah dan mewujudkan efisiensi, efektifitas dan sinergitas dalam program peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Baca Juga :   Riset SSGI 2021: Kepri Provinsi Terendah Ke-4 Se-Indonesia untuk Temuan Kasus Balita Pendek (Stunting)

Terakhir, Dewi menjelaskan, Provinsi Kepri dinilai berhasil dalam menangani Covid-19, dengan anggaran yang minimum.

“Provinsi Kepulauan Riau juga dikatakan dapat menyelesaikan program penanggulangan Covid-19 dengan baik, sehingga mendapatkan peringkat 3 penanganan Covid-19 Nasional,” ungkap Dewi.

Tak hanya itu, lanjut Dewi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menargetkan pelaksanaan vaksinasi minimal 70 persen sampai Desember 2022.

Namun Provinsi Kepri sudah mencapai target 70 persen di bulan Juni, mencapai 90 persen di bulan November dan sekarang sudah 100 persen.

“Berbagai pencapaian ini di dapat Provinsi Kepri juga dikarenakan masyarakat Provinsi Kepri mampu menolak hoax pada pemberitaan terhadap vaksinasi dan Covid-19,” tutup Dewi.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kepri Sardison, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kepri Misni, Kepala Dinas Sosial Kepri Eko Sumbaryadi, para anggota TP-PKK Kepri, dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hadir.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Bagikan Kiat Tangkal Omicron di 'Indonesia Bicara' TVRI

Editor: Budi Adriansyah