Berita  

Peningkatan Jaringan Irigasi Tersier Daerah Irigasi Tanjuang Bataut Nagari Guguak VIII Koto Sudah Mulai Dikerjakan

cMczone.com- Peningkatan Jaringan Irigasi Tersier Daerah Irigasi Tanjuang Bataut Nagari Guguak VIII Koto sudah mulai dikerjakan sejak Senin 23 Mei 2022.

Peningkatan Jaringan Irigasi Tersier ini bersumber dari dana APBN c/q Kementrian PUPR-Dirjen Sumber daya air- Satker Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya air Sumatera V Padang, adapun Pelaksana adalah Kelompok P3A Suka damai Jorong Guguak Nagari Guguak VII Koto Kecamatan Guguak Kabupaten Limapuluh Kota Provinsi Sumatera Barat.

Ketua P3A Suka Damai Nasri Dt.Paduko ketika dihubungi awak media, Rabu 25 Mei 2022 mengatakan, “Pengerjaan Peningkatan Saluran Irigasi Tersier di tepian Batang Namang ini dikerjakan secara Swadaya oleh anggota kelompok P3A Suka Damai. Diharapkan 90 Hari Kedepan pengerjaanya sudah rampung ” ungkapnya.

Baca Juga :   Sambut Ramadhan, Ratusan Warga Teluk Dawan Gelar Tahlilan dan Kompak Gotong Royong Bersama

“Saluran irigasinya sepanjang 635 Meter, Tinggi saluran 40 Cm dari lantai, Lebar saluran 30 cm dan tebal Saluran 15 cm. Adapun RAB nya 195 juta Rupiah” tukuknya.

“Saluran Irigasi Tersier ini bisa mengairi 40 – 50 Ha Lahan sawah yang biasanya tadah hujan, Saluran Irigasi ini nantinya akan di cor Lantainya, jadi bisa menahan air lebih lama disaluran, karena tidak langsung meresap ke tanah” pungkasnya.

Petani Medi yang berada di lokasi Pengerjaan Peningkatan Saluran Irigasi, mengatakan “Biasanya dalam satu tahun, kami bisa 2 kali panen, mudah mudahan Jika Saluran Irigasi ini rampung, bisa meningkatkan persedian air di saluran irigasi terutama dimusim kemarau, sehingga kami harapkan hasil panen kami bisa dinaiakan menjadi 3-4 kali setahun” ungkapnya.

Baca Juga :   Waduh !! Beredar Surat Dukungan Dari Satu Fraksi di DPRD Limapuluh Kota Untuk Salah Satu Calon Walinagari di Kecamatan Payakumbuh

Wali Nagari Guguak VIII Koto, Yosrizal SH, MH kepada awak media mengatakan “Selain APBD, skema pembiayaan dari APBN juga bisa digunakan untuk peningkatan Saluran irigasi di Nagari Kami, Pengerjaannya pun secara swadaya, sehingga masyarakat yang menganggur bisa diberdayakan. Pengusulannya kami lakukan pada tahun 2019 yang silam. Mudah-mudahan bisa meningkatkan durasi panen Petani kami pertahunnya. Selanjutnya Kami ucapkan Terima kasih kepada semua pihak yang telah berjuang, sehingga tahun ini Saluran Irigasi Tersier Tanjung Bataut bisa dikerjakan” pungkasnya.

Peningkatan Saluran Irigasi Tersier tahun 2022 ini Kabupaten Limapuluh Kota mendapatkan 5 paket yang tersebar pada Kelompok kelompok P3A pada masing masing Nagari.

Penulis : Soe-crie

Baca Juga :   RKN hadiri HUT ke-11 Garda Pemuda Nasdem yang digelar serentak DPW Seluruh Indonesia

Editor : Riki Hidayat