Berita  

H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo S.Pt Bersama UPTD BLK Payakumbuh Buka Pelatihan Pembuatan Roti dan Kue di Nagari Situjuah Batua, Wali Nagari : Terima Kasih Pak Datuak!

cMczone.com– Pelaksanaan latihan kerja berdasarkan Klaster Kompetensi-Kejuruan Processing UPTD BLK Payakumbuh tahun 2022 bidang pembuatan roti dan kue (160 JP) oleh instruktur bersertifikasi standar Nasional resmi dibuka di Nagari Situjuah Batua Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat 17 Juni 2022.

Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Sumbar H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo S.Pt yang hadir langsung untuk membuka pelatihan pembuatan roti dan kue selama 20 hari Kedepan, dalam keterangannya menyampaikan : “Dengan mengucap Basmallah hari ini kita buka Pelatihan berbasis Kompetensi Pelatihan Pembuatan roti dan kue di Nagari Situjuah Batua.” ujarnya.

Selanjutnya H.Nurkhalis Dt Bijo Dirajo S.Pt berpesan kepada 16 orang ibu ibu peserta pelatihan bahwa : “kami berharap ibu ibu peserta untuk bersungguh sungguh untuk menerima tranfer ilmu dari instruktur UPTD BLK Payakumbuh, sehingga kedepan ilmu yang didapat bisa bermanfaat.” tukuknya.

Baca Juga :   Diberhentikan Sepihak, Eks Pengurus Serikat SP-GPS Ngadu ke Dinas Nakertrans Tanjab Timur

“Pelaksanaan pelatihan pembuatan roti dan kue ini merupakan aspirasi yang ibu ibu sampaikan kepada kami via reses tahun sebelumnya, alhamdulillah tahun ini bisa kita anggarkan melalui pokok pokok pikiran kami di DPRD. Selanjutnya kami siap untuk menerima aspirasi, masukan dari bapak ibuk semua, tidak hanya pelatihan pelatihan tapi kami siap dengan segala keterbatasan untuk selalu mendengar dan menerimanya, dan Selamat kepada ibu ibu peserta yang terpilih untuk menerima pelatihan pembuatan roti dan Kue.” pungkasnya.

Kepala UPTD-BLK Payakumbuh Patrianus Syahid yang hadir langsung pada sesi pembukaan pelatihan pembuatan roti dan kue juga berpesan kepada peserta untuk bersungguh sungguh dalam menerima pelatihan dari instruktur Firda Yeni yang bersertifikasi Nasional tersebut.

“Kami di UPTD-BLK Payakumbuh diberi tugas untuk melaksanakan pelatihan ini, yang mana pelatihan ini bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Barat via pokok pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo S.Pt Kami berharap ilmu yang kami ajarkan bisa diserap oleh peserta pelatihan, sehingga menjadi azaz manfaat bagi peserta kedepannya.Pelatihan ini sesuai dengan Progul (Program Unggulan) Provinsi Sumatera Barat.” ungkapnya.

Baca Juga :   BLD Musangking RKN Sebar dan Tanam di Nagari Sungai Talang

Selanjutnya Kepala Dinas Perinnaker Limapuluh Kota yang diwakili Oleh Sekretaris Dinas Perinnaker Afrizal Dt Mangguang dalam keterangannya menyatakan : “kami atas nama pemerintahan daerah Kabupaten Limapuluh Kota mengucapkan terima kasih atas partisipasi Pokir anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dalam rangka meningkatkan Ekonomi Keluarga yang bisa dikembangkan menjadi Industri Rumah Tangga.

Sesuai dengan implementasi UUD 1945 pasal 27, yakni : Setiap warga negara mendapatkan penghidupan yang layak, sehinga menjadi tantangan bagi negara dan daerah untuk mengimplementasikannya. Sasaran yang ingin dicapai adalah bangga menggunakan produk sendiri, sehingga bisa meminimalisir menggunakan produk luar. Jadi melalui pelatihan ini, peserta diharapkan bisa menjadi produsen, bukan lagi melulu menjadi konsumen” tukuknya

Baca Juga :   Habib Bahar Bin Smith Kembali Dilaporakan Ke Polisi, Ini Sebabnya

“Terima kasih kepada H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo S.Pt yang telah memberikan kepercayaan kepada masyarakat Nagari Situjuah Batua dalam melakukan Pelatihan Pembuatan roti dan kue. Tahun kemarin tidak kurang kita juga sudah dibantu : bentor, WC di SMA, jalan ka bukik cawan, dll.

Kita bangga memiliki anggota DPRD yang sangat low profile ini, mudah mudahan beliau tetap Istiqomah untuk membantu masyarakat. Kepada ibu ibu peserta kami berpesan, Laksanakanlah pelatihan sungguh sungguh, sehinga bisa menjadi sumber ketahanan pangan berbasis keluarga.” pungkasnya.

Pelatihan pembuatan roti dan kue di Nagari Situjuah Batua merupakan rangkaian Pelatihan Pelatihan yang tersebar di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota yang bersumber dari Pokir Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo S.Pt

Penulis : Soe-crie
Editor. : Riki Hidayat