Berita  

Pengerjaan Proyek ke III (2022) Bandar Irigasi Guguak Penuhi Target, Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Harap Pembangunan Dapat Terus Berlanjut

cMczone.com- Pembangunan Peningkatan Jaringan Irigasi Saluran Tersier di Jorong Guguak Nagari guguak VIII Koto Kecamatan Guguak Kab Limapuluh Kota tahap ke III termin 1 sudah rampung sesuai dengan target

Berdasarkan pantauan cmczone di lokasi pada Senin 27 Juni, dari target pembangunan 635 meter jaringan irigasi, tim pelaksana sedang mengerjakan pembangunan di titik 350 meter yang berarti progres pekerjaan telah mencapai 55% dan memenuhi syarat untuk masuk pada tahap pendanaan final (termin II).

Sebagaimana diketahui, Peningkatan Jaringan Irigasi Saluran Tersier yang didanai oleh APBN melalui Kementrian PUPR Dirjen Sumber Daya Air ini telah dilakukan secara berkesinambungan, terhitung periode I pada tahun 2017 dengan target 235 meter (tercapai 270 meter), periode II tahun 2019 target 332 meter (tercapai 360 meter) dan periode III ini dengan target 635 meter jalur irigasi (on progres).

Baca Juga :   Apresiasi Gerak Cepat Polres Tanjabtim Ringkus Pelaku Perampokan Pasutri Buahkan Hasil

“Selama ini kami selalu melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh bahkan sedikit meningkatkan kualitas dari standar yang ditentukan pemerintah,” ucap Medi Saputra selaku Ketua Pelaksana Pembangunan di P3A. Karena pengerjaan ini dilakukan secara swadaya, jadi semakin baik pekerjaan maka masyarakat juga lah yang langsung menuai manfaatnya dimana hal tersebut juga sebagai wujud ucapan terimakasih pada program pemerintah ini, tegas Medi.

Jalur irigasi adalah faktor penting dan berbanding lurus dengan peningkatan hasil pertanian, menggunakan konsep saluran Tersier itu berarti saluran dan bangunan akan membawa serta membagi air dari bangunan sadap tersier ke petak-petak sawah/kuarter.

Dari total lahan sawah di Jorong Guguak yang mencapai luas 3Ha, saluran irigasi yang dibutuhkan masih sangat banyak mengingat ketercapaian jalur irigasi yang baru sekitar 10% dari kebutuhan lahan, Nasri Dt Paduko Tan Kayo selaku Ketua P3A berterimakasih atas program pemerintah ini dan sangat berharap setelah periode ke III terselesaikan pemerintah dapat melanjutkan kembali permohonan warga untuk pembangunan di tahun 2023.

Baca Juga :   Ironis! Integritas Bupati Limapuluh Kota Dipertanyakan?

Menyikapi ini Wali Nagari Guguak VIII Koto, Yosrizal S.H., M.H. kepada cmczone menyarankan untuk pembuatan proposal pengajuan pembangunan periode 2023 sejak jauh-jauh hari dan memperbanyak proposal pada titik-titik lokasi yang dibutuhkan.

Yosrizal juga memberikan apresiasi yang tinggi atas kinerja P3A yang sigap sehingga progres pekerjaan serta kualitas dapat memenuhi ekspektasi. “Kami selaku perangkat Nagari selalu siap untuk membantu baik secara teknis, konsep atau pun kebijakan sesuai dengan kepatutan serta kewenangan yang ada,” Tutur Yosrizal sembari meminta cmczone untuk dapat terus ikut bersama-sama aktif menjalankan perannya sebagai media yang memberi inspirasi membangun negeri.

(Cmczone:Pache)