Berita  

Wakil Bupati Limapuluh Kota (RKN) Lirik Prospek Cerah Pengembangan Tanaman Jagung di Limapuluh Kota

Cmczone.com- Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) menilai pengembangan tanaman palawija khususnya Jagung (ayam) memiliki prospek cerah dan bisa didorong menjadi program tanaman unggul untuk Kabupaten Limapuluh Kota kedepannya.

Hal tersebut disampaikan RKN ketika mengunjungi Tokoh pertanian Nagari Taram Hardedi yang didampingi Wali Nagari Taram terpilih Nanang Anwar, Kamis 30 Juni 2022.

Dalam kesempatan tersebut Hardedi yang juga merupakan Anggota DPRD Limapuluh Kota periode 2009-2019 dari Partai PBB menawarkan Program “bapak asuh” yang bekerja sama dengan Bank BRI.

Program “bapak asuh” yang dimaksud adalah Petani hanya menyediakan Lahan dan Pengolahan, selanjutnya mulai dari Bibit, Pupuk, Pestisida, Obat obatan serta Pemasaran pasca panen akan di Fasilitasi oleh Pak Hardedi.

Baca Juga :   Camat Sabak Barat Resmi Menutup Kegiatan Raimuna Ranting Pramuka di Buper Cadika Kabupaten Tanjab Timur

RKN kepada awak media menyampaikan bahwa :” Kita sebagai Pemerintah Daerah akan sangat mendukung Program yang ditawarkan oleh Uda Hardedi, karena kami melihat masalah permodalan masih menjadi kendala klasik bagi petani kita di Limapuluh Kota, jadi dengan adanya Permodalan yang ditawarkan oleh Uda Hardedi, Kami dengan Pak Wali Nagari (Taram) siap mendukung dengan terbuka’ ujarnya.

Selanjutnya RKN melihat masih banyaknya Lahan tidur yang bisa di kembangkan melalui Program ini Kedepan : ” Ditengah tidak berdayanya masyarakat dengan tingginya Harga pupuk dan pestisida, mudah mudahan Program Penanaman Jagung ini bisa menjadi Pilihan alternatif yang menguntungkan bagi Para Petani Kita ” pungkasnya.

Hardedi dalam Keterangannya menyatakan :” Tekhnis dari Program yang kami tawarkan kepada pemilik Lahan adalah Pinjaman Modal yang bekerja sama dengan Bank BRI dan Kios pupuk, dengan ketentuan, sbb :
Pemilik Lahan 1 ha bisa mengajukan Pinjaman sebesar Rp 18 Juta, dengan rincian 50% = Cash/tunai dan 50% lagi berupa Pupuk, Pestisida dan Obat obatan” urainya.

Baca Juga :   Koperasi Produsen Mitra Tani Indragiri Terus Sosialisasikan Program Kerja

“Untuk Syarat Agunan tetap ada dan ringan saja, boleh BPKB Kendaraan Roda dua (Motor) tahun rendah ” tukuknya.

Selanjutnya Hardedi dan Wali Nagari Taram sangat berbesar hati dan berterima kasih kepada Wakil Bupati Limapuluh Kota RKN, yang bersedia turun langsung ke Nagari Taram dan berjanji untuk mendukung penuh Program dari mereka, walaupun untuk saat ini Program tersebut akan di Aplikasikan salingka Nagari Taram, mudah mudahan Kedepan bisa diimplementasikan ke Nagari Nagari yang lain di Limapuluh Kota, pungkas mereka.

Penulis: soe-crie