Festival Budaya Pacu Jawi 2022 di Ikua Koto Dibalai Lingkungan Taruko Kelurahan Koto Nan Gadang, Panitia : Berkat Pokir H.Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo!

Cmczone.com- Festival Budaya Pacu Jawi yang akan dihelat 2 hari (4-5 Juli 2022) di Muaro Kelurahan Ikua Koto di balai Nagari Koto nan Gadang Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh.

Festival Pacu Jawi yang kerap digelar di Nagari Koto Nan Godang merupakan kegiatan budaya Anak Nagari yang memiliki nilai historis yang panjang bagi masyarakat Minang khususnya.

Ditengah serbuan kebudayaan luar, tapi pacu Jawi masih rutin digelar oleh anak nagari Koto nan Gadang.

Untuk kegiatan kali ini mendapat dukungan penuh melalui APBD Provinsi via Pokir Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo Spt.

Pada hari pembukaan, yakni tanggal 04 Juli 2022 acara akan dibuka pada Jam 13.00, setelah acara seremonial, selanjutnya dijadwalkan acara inti, yakni Race (Pacu) Jawi nya akan Start/mulai pada Pukul 15.00 Wib, demikian dikutip dari susunan acara Panitia Pelaksana.

Baca Juga :   Hasil musprov Pordasi Rabu 1 Juni 2022 di hotel Dymens Bukittinggi

Dijadwalkan Pembukaan akan dilakukan oleh Wali Kota Payakumbuh H.Riza Falepy dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Fraksi Partai Gerindra H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo, yang dalam susunan acaranya pada pukul 14.00 WIB.

H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo dalam keterangannya mengatakan : Insyaallah besok tanggal 04 Juni 2022 akan digelar Festival Budaya Pacu Jawi di Muaro Koto Nan Gadang ” ungkapnya.

Selanjutnya Dt.Bijo menambahkan bahwa : ” Kegiatan ini merupakan aspirasi yang kami serap via reses tahun 2021 dan Alhamdulillah tahun bisa terlaksana” tukuknya.

” Melalui Festival Budaya Pacu Jawi ini kita sebagai Wakil Masyarakat di Dapil V (Payakumbuh-Limapuluh Kota) bisa mengambil untuk mempertahan budaya yang sudah menjadi kearifan ditengah tengah masyarakat” pungkasnya.

Baca Juga :   Mobil Tangki Pengangkut BBM Terguling

Panitia Acara Festival Budaya Pacu Jawi 2022 ini, Yaumil dalam keterangannya mengucapkan terima Kasih Kepada H.Nurkhalis Dt.Bijo dirajo yang telah bersedia mendengarkan aspirasi dari masyarakat dan Melaksanakannya tahun ini, : ” Terima kasih Pak Datuak (Bijo) yang selalu turun ketengah tengah masyarakat untuk berdialog dan menyerap aspirasi dari masyarakat, mudah mudahan acara ini bisa menjadi salah satu magnet pariwisata untuk mengundang wisatawan Hadir ke Kota Payakumbuh kedepannya, sehingga bisa jadi kegiatan yang bisa menjadi salah satu Pengungkit Ekonomi ditengah tengah masyarakat” Pungkasnya.

Festival Budaya Pacu Jawi 2022 ini selaras setahun tangan dengan Program Dinas Pariwisata (Dispar) Sumatera Barat dan Disparpora Kota Payakumbuh yang bekerja sama dengan Event Organizer (EO) madina cipta kreasi.

Baca Juga :   Tommy Sugiarto juarai tunggal putra Thailand Masters

Penulis : Sukrianto
Editor. : Riki Hidayat