Wabup RKN Temu Penggiat Wisata Goa Sumatera Barat di Puncak Bukik Soriak

Cmczone com- Wakil Bupati Limapuluh kota, Rizki Kurniawan Nakasri, Temu Penggiat Wisata Goa, 18 -19 Februari 2023, di Puncak Bukik Soriak, Nagari Tarantang-Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat.

Inisiasiator acara tersebut adalah Chawin Harau, selaku Ketua (Astaga) Asosiasi Pemandu Wisata Goa Indonesia Sumatera barat.

Peserta kegiatan 50 orang Penggiat Wisata Goa Sumatera Barat berasal dari Sawahlunto, Sijunjung, Tanah Datar, Agam, Padang Pariaman dan Kota Padang.

Kegiatan ini dilakukan dalam upaya mempromosikan dan edukasi kepada para penggiat, khususnya penggiat gowa.

Terlaksananya kegiatan ini tidak terlepas dari bantuan para sponsor (Bukik Soriak, Clarisa, Dinas Pariwisata Kabupaten Limapuluh Kota) dan para pakar Goa (Prespektor UNP Padang) Penggiat Konservasi (Orangufriend Padang) dan Wild Sumatera Adventure.

Baca Juga :   Kapolres Muara Jambi Pimpin Upacara Wisuda Purna Bhakti 2 Orang Anggota Polres Muara Jambi

“Harapan kami semoga wisata minat, khusus, susur Goa ini perlu perhatian lebih dari Pemerintah, baik itu peningkatan SDM maupun Inventarisasi Goa di Sumatra Barat,” ungkap Ketua Astaga Winda Yerisef yang biasa disapa Chawin Harau.

Dalam 2 hari (18-19 Februari) di Puncak Bukik Soriak komunitas Astaga sempat berkemah dan melakukan susur Goa di sekitaran lokasi.

“Komunitas dan Pelaku Pariwisata di Sumbar dan Nasional perlu diperdekat dengan Limapuluh Kota, mereka (Komunitas Astaga) bisa menjadi ujung tombak untuk memperkenalkan dan mengajak Wisatawan untuk datang dan stay di daerah kita,” tutup Wakil bupati limapuluh kota, rizki kurniawan nakasri (RKN).