LiveNews

UPTD BLK Payakumbuh Gelar Pelatihan Kerajinan Bambu di Nagari Palupuah

Cmczone.com- Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Fraksi Partai PKS, H.Rafdinal, SH yang terpilih dari Dapil Bukittinggi-Agam bersama UPTD-BLK Payakumbuh menggelar Pelatihan Kerajinan Bambu di Nagari Palupuah Kecamatan Palupuah Kabupaten Agam.

Pelaksanaan Latihan Kerja Berdasarkan Klaster Kompetensi Kejuruan Bangunan BLK Payakumbuh Tahun 2023 Bidang Pelatihan Kerajinan Bambu tersebut diikuti sebanyak 16 orang peserta.

Dijadwalkan pelatihan akan berlangsung selama 32 hari (256 JP), dengan durasi Pelatihan 8 JP (Jam Pelajaran)/hari.

Instruktur pelatihan, Pak Mus.

“Setiap hari (sesuai jadwal) kami mengajarkan aneka kerajinan tangan berbahan bambu kepada Peserta Pelatihan, setidaknya ada sekira 20 produk karya/kriya olahan bambu yang memiliki nilai ekonomis di pasaran, seperti : Meubel, hiasan dan sebagainya,” ungkap Pak Mus.

Pasca dibuka secara resmi, H.Rafdinal, SH dan Kepala UPTD-BLK Payakumbuh, H.Satri Edi, S.Sos Pelatihan diikuti warga di seputaran Kecamatan Palupuah.

Pelaksanaan pelatihan kerajinan bambu merupakan buah kerja nyata Anggota DPRD Sumbar, H.Rafdinal, SH yang menyisihkan Pokir nya via APBD TA 2023.

“Di daerah kita banyak terdapat pohon bambu yang belum dimanfaatkan menjadi karya/kriya seni yang bernilai, Jadi begitu ada usulan masyarakat Palupuah via Reses tahun lalu, kami segera memasukan usulan Pelatihan ke Disnakertrans Sumbar, yang hari ini sedang dilaksanakan pelatihannya oleh UPTD-BLK Payakumbuh dengan baik,” ungkap H.Rafdinal, SH.

“Dengan bahan yang berlimpah, kita berharap dengan membina angkatan kerja dengan memberikan mereka keterampilan bisa dimanfaatkan untuk menunjang ekonomi, baik secara berkelompok ataupun perorangan, hingga kami berharap transfer tekhnologi (keterampilan) juga nantinya akan menyebar kepada masyarakat lainnya,” tukuknya.

Program Pelatihan untuk angkatan kerja ini juga selaras dengan Visi Gubernur Sumatera Barat.

“Program Pelatihan berbasis Kompetensi ini selaras dengan Visi Gubernur Sumbar, Terwujudnya Sumatera Barat madani yang unggul dan berkelanjutan dan salah satu Misi nya adalah menciptakan 100 ribu Enterpreneur baru di Sumatera Barat,” Pungkas Kepala UPTD-BLK Payakumbuh sebagai penanggung jawab tekhnis kegiatan, H.Satri Edi, S.Sos.

Exit mobile version