News  

Ansar Ahmad Tegaskan Serius Bangun Infrastruktur Pulau Terluar

cMczone.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, bersilaturahmi dengan masyarakat Tambelan dalam acara halal bi halal yang digelar di Pelabuhan Sri Bentayan, Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan, Sabtu (7/5/2022).

Halal bi halal ini dilaksanakan bertepatan di Hari Raya ke-6 Idul Fitri 1443 H, dan diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat Tambelan.

Kunjungan Gubernur Kepri ke Kecamatan Tambelan bersama Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan dan Ketua TP-PKK Kepri Dewi Kumalasari, menjadi ajang pulang kampung bagi Ansar, yang memiliki hubungan sangat erat dengan masyarakat Tambelan.

Ansar mengatakan, meskipun jarak Tambelan cukup jauh dari pulau-pulau besar lainnya di Kepri, namun pembangunan dan perhatian dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri terhadap Tambelan tidak pernah berkurang.

“Saya tak pernah lupa dengan masyarakat Tambelan, dari dulu saya sangat serius untuk membangun infrastruktur dalam upaya memberikan memudahkan bagi masyarakat Tambelan,” kata mantan Bupati Bintan dua periode ini.

Baca Juga :   Ansar Ahmad Dukung Program OVOC Diterapkan di Kepri

Ansar pun menceritakan bagaimana tantangan untuk membangun bandara di Tambelan. Dengan jumlah masyarakat sekitar 5000 orang, saat itu banyak yang berfikir mustahil bisa meyakinkan Pemerintah Pusat untuk membangun bandara di kecamatan terluar ini.

Namun, Ansar tidak pernah patah semangat, dirinya berulang kali mendatangi Kementerian Perhubungan untuk memperjuangkan Bandara Tambelan. Hasilnya adalah terbangunnya Bandara Tambelan yang sudah bisa didarati pesawat perintis.

“Bandara Tambelan ini menjadi bukti dari ikhtiar dan doa bersama seluruh masyarakat Tambelan yang selalu kompak untuk pembangunan Tambelan,” kata Ansar, sembari menunjuk Bandara Tambelan yang tepat di seberang Pelabuhan Sri Bentayan.

Tahun 2022 ini pun Pemprov Kepri telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 6,2 miliar untuk Kecamatan Tambelan. Anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan berbagai infrastruktur pendukung lainnya, seperti perbaikan jalan dan drainase di Kecamatan Tambelan.

Baca Juga :   Tanah dan Air dari Kepri Disatukan dalam Bejana Nusantara

“Tahun ini untuk Kabupaten Bintan kita alokasikan dana sebesar Rp. 78 miliar, jauh lebih besar dari yang dianggarkan pada tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Ansar.

Tidak hanya itu, Ansar juga mengatakan akan dianggarkan dana Rp. 2,491 miliar dari dana aspirasi Dewi Kumalasari yang juga Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kepri untuk pembangunan Ponton High Density Polyethylene (HDPE) modern di Tambelan.

Ansar berharap semua perhatian tersebut memicu semangat masyarakat Tambelan untuk terus bersama-sama menjaga kekompakan dan keutuhan masyarakat, sekaligus menjaga Pulau Tambelan sebagai pulau yang bertuah.

“Semoga juga kunjungan kali ini bisa merawat rasa silaturahmi kita dan meninggalkan kesan yang baik bagi masyarakat Tambelan,” ujar Ansar.

Baca Juga :   Tinjau Pulau Karang Singa dan Launching Vaksinasi Booster: Tito-Herindra Tiba di Batam

Turut hadir dalam kunjungan kerja Gubernur Kepri ke Tambelan, yaitu Ketua DPRD Kepulauan Anambas Hasnidar, Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono, Anggota DPRD Kepulauan Anambas Bukhari, Ketua DWP Provinsi Kepri Nong Rochaizaz Pindiv, Sekper Bank Riau Kepri Edi Wardana, Kepala Dinas Perhubungan Kepri Junaidi, Kepala Dinas PUPR Kepri Abu Bakar, Kepala Dinas Permukiman Kepri Said Nursyahdu, Kepala Dinas Pendidikan Kepri Andi Agung, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kepri Muhammad Ikhsan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kepri Rika Azmi, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Kepri Dody Sepka, dan Staf khusus Gubernur Kepri Sarafuddin Aluan, Nazaruddin, dan Hasanuddin Muda.

Editor: Budi Adriansyah